PO PANDAWA 87 PASURUAN OPERASIKAN BUS DOUBLE DECKER MERCEDES-BENZ OC 500 RF 2542

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS.ID – Perusahaan Otobus (PO) Pandawa 87 Pasuruan, Jawa Timur, akhirnya resmi memiliki unit bus premium double decker Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

Bus tersebut hari Senin (4/12/2017) kemarin dilakukan uji coba jalan setelah resmi rilis dari Karoseri Adi Putro, Malang. Bus berkelir coklat susu ini tampil mewah dalam balutan bodi Jetbus 2+ SDD Adi Putro. Tes jalan ini melibatkan kru PO Pandawa 87 dan komunitas penggemar bus.

PANDAWA 1Acara road test ini menempuh rute start dari pool di Kota Pasuruan menuju Bangil lalu ke kawasan wisata Taman Dayu kemudian ke Purwosari dan kembali lagi ke pool di Kota Pasuruan.

Selain tes jalan, acara juga diwarnai prosesi peresmian pengoperasian bus ini di garasi PO Pandawa 87 berupa penyiraman air ke kaca depan bus oleh manajemen PO Pandawa 87 dengan pembacaan doa dan shalawat Nabi.

Bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Double Decker ini selanjutnya akan memperkuat jajaran armada PO Pandawa 87 lainnya yang selama ini sudah diisi oleh unit-unit bus terbaru bermesin Mercedes-Benz untuk bus besarnya.

PO Pandawa 87 merupakan PO pendatang baru di bisnis layanan bus pariwisata dan charter di Jawa Timur. PO ini langsung melesat dan mendapat tempat di kalangan pelanggan karena menyediakan armada terbaru.

PO ini merintis bisnis bus pariwisata di Kota Pasuruan. Sukses di Pasuruan, usahanya kemudian berkembang dengan membuka pool atau cabang kedua di Kota Malang, dan kemudian membuka pool ketiga di Boyolali, Jawa Tengah.

Sebelumnya, PO Pandawa 87 sudah lebih dulu mengoperasikan bus premium Scania K410 IB.

Selain PO Pandawa 87, PO bus pariwisata lain yang sudah lebih dulu mengoperasikan bus premium Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Double Decker adalah PO Efisiensi.

Sementara, di segmen bus antarkota, PO yang sudah mengoperasikan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Double Decker untuk armada reguler diantaranya adalah PO Lorena, PO Karina untuk trayek Bogor-Jakarta-Malang dan Bogor-Jakarta-Madura, PO Sinar Jaya untuk trayek Jakarta-Pekalongan dan PO Agra Mas di trayek Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri.

[Egi Yudhistira]