Sektor Konstruksi Menggeliat, Truk Quester 6×4 Makin Diminati Pengusaha

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Menggeliatnya aktivitas bisnis di sektor konstruksi dan infrastruktur belakangan ini mendorong permintaan truk medium duty dan heavy duty di Indonesia meningkat.

Industri dan pengusaha transportasi niaga yang bergerak di sektor ini membutuhkan pasokan truk baru untuk peremajaan truk-truk lamanya, maupun untuk menambah jumlah armada.

Lonjakan permintaan itu juga dirasakan Astra UD Trucks, perusahaan distributor truk merk UD dari grup Astra International.

CEO PT Astra International Tbk – UD Trucks Sales Operations Aloysius Chrisnoadhi mengatakan, permintaan truk Quester dari UD Trucks saat ini cenderung meningkat. Varian yang paling banyak dipesan adalah truk Quester berpenggerak 6×4.

“Kita menerima lebih banyak permintaan truk Quester. Market banyak memesan 6×4 untuk sektor konstruksi. Tahun lalu (pesanan yang masuk dari tipe ini) tidak terlalu banyak, baru tahun ini kita fokus, mulai fokus di sana,” ungkap Aloysius Chrisnoadhi di acara media gathering di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Mengantisipasi tren seperti itu, Aloysius Chrisnoadhi menyatakan, pihaknya melakukan penyesuaian dengan menggarap sektor usaha yang potensial dan selama ini membutuhkan truk heavy duty 6×4.

“Kita melakukan konsolidasi untuk lebih tajam lagi masuk ke pasar-pasar yang memang membutuhkan,” kata Aloysius Chrisnoadhi.

Aloysius Chrisnoadhi menambahkan, kenaikan pesanan truk Quester 6×4 ikut meningkatkan jumlah penjualan truk Quester secara keseluruhan yang didistribusikan oleh Astra UD Trucks. Sepanjang Januar sampai November 2018 pihaknya meraih kenaikan penjualan sebesar 10,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017 lalu.

Volumenya, dari 2.529 unit di 2017 menjadi 2.800 unit di tahun 2018.

Yang membuat dirinya senang, dari pembelian yang masuk tersebut, sebanyak 70 persen diantaranya berasal dari konsumen eksisting berupa pembelian berulang oleh pengusaha angkutan yang sebelumnya telah mengoperasikan truk Quester.

Sebanyak 30 persen lainnya adalah pelanggan baru. Namun dia tidak menampik bahwa diantara para konsumennya tersebut, sebagian adalah perusahaan-perusahaan di bawah grup Astra sendiri.

Untuk memperkuat layanan penjualan dan purna jual, Aloysius Chrisnoadhi menyatakan pihaknya juga akan menambah jaringan dealer.

Tahun 2019 pihaknya akan mendirikan 3 dealer baru sehingga total dealer yang dimiliki mencapai 25 buah. Daerah yang potensial dibuka adalah Solo, Pekanbaru dan Denpasar.

Seluruh jaringan dealer ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Astra UD Trucks sehingga semua dealer bisa memberikan level layanan yang sama ke pelanggan.

[MNR]

About pekik udi irianto 1031 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present