UD Trucks Mulai Ngegas Jualan Kuzer

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah resmi diluncurkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 bulan Agustus lalu, UD Trucks menggelar roadshow peluncuran truk ringan Kuzer ke sejumlah pelanggannya di berbagai kota di Pulau Jawa.

Acara peluncuran di daerah ini sekaligus untuk menjaring minat konsumen terhadap truk bertenaga 150 PS ini. Handi Lim, UD Sales & Logistic Director mengatakan, untuk memasarkan truk Kuzer pihaknya akan berfokus menggarap konsumen eksisting UD Trucks saat ini. Yakni mereka para pengusaha angkutan dan industri yang selama ini adalah pengguna truk Quester.

“Kita garap pasar konsumen kita yang sudah ada yakni para pemakai truk Quester,” ungkap Handi Lim, di sela acara media gathering di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Quester merupakan truk medium duty dan heavy duty dari UD Trucks dan saat ini merebut pasar di segmen ini, bersaing dengan kompetitornya dari Hino, Isuzu dan Fuso.

“Target awal kita adalah customer-customer UD, yakni mereka yang selama ini sudah pakai Kuzer tapi belum memiliki truk ringan. Kita sudah lakukan di Bandung, Bekasi, Surabaya,” ujar Handi Lim.

Handi menjelaskan, dari dari kegiatan roadshow peluncuran ini, pihaknya menerima pesanan SPK dari konsumen, baik untuk model Kuzer dengan aplikasi dump truck maupun Kuzer tipe angkutan kargo yang memiliki chassis lebih panjang.

Handi Lim optimistis, truk Kuzer akan mendapat sambutan positif dari pasar mengingat truk ini memiliki banyak kelebihan dari kompetitor yang saat ini menguasai segmen truk ringan di Indonesia. Yakni, mesin dengan tenaga terbesar di kelasnya, mencapai 150 PS, serta ruang kabin yang lega.

Berdasar spesifikasinya, truk Kuzer juga menyandang sistem pengereman full air.

Di segmen truk ringan, Kuzer menjadi pendatang baru. Truk ini pertama kali diperkenalkan ke market di ajang GIIAS 2017 di booth UD Trucks dan mencuri perhatian karena desain kabinnya yang berukuran jumbo untuk ukuran truk ringan, serta bak yang panjang serta tenaga mesin yang besar, di atas-rata kompetitor yang bermain di range 110 PS sampai 136 PS.

Pasar truk ringan di Indonesia dikuasai oleh trio Mitsubishi Colt Diesel (Canter) dari Mitsubishi Fuso, Isuzu NMR 71 dari Isuzu dan Dutro yang dipasarkan oleh Hino. Persaingan pasar di segmen truk ringan ini juga dimeriahkan oleh kehadiran truk Dyna dari Toyota dan Tata Ultra dari Tata Motors, namun pangsa pasar mereka di market masih relatif kecil.

[MNR]

About pekik udi irianto 1015 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present