Hino Ingin Jadi Penguasa Pasar Absolut di Segmen Truk Medium Duty

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Hino Indonesia berambisi tetap menjadi pemimpin pasar yang dominan menguasai penjualan medium duty truck (MDT) di Indonesia saat ini dan ke depannya melalui truk MDT generasi terbarunya, Hino New Generation Ranger.

Tahun 2019 ini, Hino berambisi menguasai 65 persen pangsa pasar, mengalahkan kompetitornya, sesama merk truk MDT Jepang maupun Eropa yang saat ini mencoba merangsek ke pasar.

Persentase ambisi market share ini naik tipis dari realisasi perolehan pangsa pasar di sepanjang 2018 lalu yang sebesar 64 persen di segmen MDT.

Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Hiroo Kayanoki menyatakan Hino sudah 19 tahun menjadi pemimpin pasar di segmen truk MDT di Indonesia melalui truk Ranger yang meraih sukses penjualan di pasar. Karena itu itu dengan target kenaikan pangsa pasar 1 persen di tahun ini dari posisi di 2018, dia yakin, target tersebut akan tercapai.

“Kami optimistis menyongsong tahun 2019 yang bertepatan dengan tahun pemilihan umum. Tahun 2018 lalu kami berhasil melewati target penjualan dengan berhasil melepas ke pasar sebanyak 40.072 unit,” ungkap Hiroo Kayanoki di acara media gathering Hino di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Untuk seluruh model dan varian, penjualan nasional truk Hino tahun 2019 ini ditargetkan mencapai 45.000 unit atau tumbuh 12 persen dari capaian di 2018. Sebanyak 20,000 unit akan disumbang dari penjualan truk Hino Dutro yang saat ini pangsa pasarnya terus naik di segmen light duty truck (LDT), serta 25.000 unit lainnya akan berasal dari penjualan truk Hino New Generation Ranger di segmen MDT.

Hiroo menyatakan, Hino akan sangat mengandalkan penjualan dari geliat pembangunan proyek infrastruktur yang saat ini terus berjalan yang membuat kebutuhan truk baru akan terus ada. Begitu pula tren bisnis logistik dan truk kargo yang terus tumbuh karena konsumsi atau daya beli masyarakat yang saat ini menurutnya stabil.

Hiroo menyebutkan, telah beroperasinya ruas jalan tol Trans Jawa membuat proses distribusi barang menjadi lebih cepat dan lancar. Hal ini membuat permintaan truk kargo ikut meningkat. Begitu juga permintaan pasar terhadap bus-bus baru untuk trayek antarkota.

“Hino optimis dan percaya akan dapat mencapai target penjualan yang ditetapkan tahun ini. Tahun ini sektor–sektor tersebut diatas masih menjadi andalan Hino untuk menopang penjualan. Dengan sudah beroperasinya tol Trans Jawa, pasar bus ikut meningkat tahun ini karena perannya yang penting dalam menunjang mobilitas transportasi di Pulau Jawa,” ungkap Hiroo Kayanoki.

[MNR]

About pekik udi irianto 2282 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present