Astra Otoparts Raih Penghargaan Best Role of Stakeholders

AFTERMARKETPLUS.id – Di ajang The 13th IICD (Indonesian Institute for Corporate Directorship) Corporate Governance Award 2022 Astra Otoparts sukses meraih penghargaan untuk kategori Best Role of Stakeholders dan Top 50 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Menengah (Mid Capitalization Public Listed Companies) pada Jumat (27/05/2022).

“Kami berkomitmen untuk terus menerapkan praktik Tata Kelola perusahaan yang baik di seluruh proses operasional bisnis yang kami lakukan untuk mendorong kinerja yang berkelanjutan,” terang Alberto Siahaan, Corporate Secretary, Legal & Communication Division Head Astra Otoparts.

Kategori penghargaan yang diterima oleh Astra Otoparts tersebut menegaskan bahwa perusahaan telah memiliki tanggung jawab tinggi dengan memberikan manfaat kepada sekitar serta pemangku kepentingan lainnya.

Berlandaskan komitmen Astra Otoparts untuk menerapkan praktik Tata Kelola yang baik dengan berpegang pada 5 prinsip Tata Kelola yaitu Transparency (Keterbukaan), Accountability (Akuntabilitas), Responsibility (Pertanggungjawaban), Independency (Independensi), dan Fairness (Kewajaran), praktik Tata Kelola dilaksanakan secara menyeluruh oleh insan Astra Otoparts guna menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

Penghargaan yang diterima sudah melalui berbagai kriteria penilaian yang dilakukan oleh IICD yang didasarkan pada kinerja dan laporan keuangan perusahaan untuk tahun buku 2021 serta didukung oleh 10 asesor dengan menggunakan ASEAN CG Scorecard sebagai instrumen penilaian yang meliputi hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi, serta tanggung jawab dewan komisaris.

The 13th IICD Corporate Governance Award 2022 ditujukan bagi perusahaan-perusahaan publik yang dinilai terbaik dalam komitmennya menjalankan Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

Penghargaan ini secara khusus memberikan apresiasi terhadap 200 perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar terbaik di Indonesia melalui sejumlah kategori di antaranya Best CG Overall, Best Financial Sector, Best Non-Financial Sector, Best SOE/BUMN, Best Right of Shareholders, Best Equitable Treatment of Shareholders, Best Role of Stakeholders, Best Disclosure & Transparency, Best Responsibility of the Boards dan kategori Most Improved.

[EYD]