Ekonomi Belum Stabil Pasca Pandemi, Penjualan Mobil Bekas Masih Merangkak

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Belum selesainya pandemi Covid-19 menyebabkan showroom mobil bekas sulit untuk merangkak dalam meningkatkan penjualannya. Eka Patra, pemilik showroom Total Mobil di Tajur, Bogor mengungkapkan, bahwa penjualan kendaraan baru 50 persen dari kondisi normal.

“Penjualan memang mulai bergerak dari awal tahun 2022 dibandingkan sebelumnya saat Covid-19 sedang tinggi,” jelas Eka kepada aftermarketplus.id (09/08/2022).

Ia juga mengatakan, dalam sebulan kendaraan dapat terjual 8-10 unit sebelum pandemi. Namun, saat ini berkisar 3-4 kendaraan saja. Meski demikian, pria yang akrab disapa Herry ini optimis ke depannya akan lebih meningkat seiring aktivitas dan ekonomi sudah mulai membaik.

Saat ditanya pengaruh sepinya penjualan akibat banyaknya kendaraan baru yang dilaunching oleh Agen Pemegang Merk (APM), Eka tetap optimis bahwa konsumen saat ini sudah dapat menilai bagaimana kebutuhan dan biaya, tentunya yang paling dapat di akses adalah kendaraan bekas.

“Konsumen saat ini sudah cerdas, mereka bisa menghitung-hitung budget kendaraan dan bagaimana simulasi pembayarannya. Sehingga kendaraan bekas masih menjadi pilihan jika dibandingkan dengan berbagai faktor,” jelas Eka.

Seperti mobil di showroom Total Mobil tempat ia menjual kendaraan bekas, lebih lanjut ia menambahkan bahwa kendaraan bekas yang di jualnya tetap berkualitas. Tanpa konsumen khawatir apakah kendaraan yang dijual tersebut bekas banjir maupun kecelakaan.

Terlebih, ia menjelaskan bahwa banyak nilai tambah jika membeli kendaraan bekas. Mulai dari simulasi cicilan dengan biaya down payment (DP) rendah hingga 10% dari biaya kendaraan hingga pilihan leasing yang cukup banyak.

Bedasarkan pantauan aftermarketplus.id, kendaraan terlaris di showroom Total Mobil yang berada di Tajur, Bogor tersebut ialah kendaraan bertipe LCGC maupun LMVP.

“Di sini yang cukup laris terjual tentunya Avanza, Ertiga, Calya ataupun Sigra,” terang Eka.

Tertarik ingin membeli mobil bekas di daerah Bogor, sambangi Showroom Total Mobil ,Tajur – Bogor. Atau hubungi Eka Patra (Herry) di 0877 7005 3585.

[Sigit Akbar]