Inovasi Michelin dalam Ajang Formula E

AFTERMARKETPLUS.id – Jakarta E-Prix rencananya akan diadakan pada 4 Juni 2022 mendatang. Menyambut musim ke-8 dari ajang balap mobil listrik yang akrab disebut FIA Formula E, Michelin kini kembali bersiap untuk hadir dengan berbagai teknologi dan inovasi terbaru, sebagai upayanya untuk mendukung mobilitas berkelanjutan.

Sejak pertama kali diadakan pada September 2014, Michelin sebagai salah satu founding fathers, senantiasa memanfaatkan seri balap ini sebagai wadah untuk mengembangkan teknologi baru serta ban masa depan.

Selama tujuh musim diselenggarakannya Formula E, Michelin telah menghasilkan tiga generasi ban balap yang tidak hanya tersedia dalam ukuran baru, tetapi juga mengombinasikan konsistensi dan ketahanan luar biasa, baik dalam kondisi jalanan kering maupun basah.

Keterlibatan Michelin dalam Formula E tidak hanya untuk mengembangkan teknologi dan performa ban, namun sejalan dengan target perusahaan untuk melindungi lingkungan.

Mulai dari proses produksi ban, pengangkutan ban hingga ke titik tujuan ajang Formula E, semuanya mengutamakan netralitas emisi karbon. Melalui penggunaan delapan ban atau dua set per kejuaraan, Formula E menjadi kejuaraan dunia FIA dengan konsumsi ban paling sedikit.

Artinya hanya sejumlah kecil ban diproduksi untuk kejuaraan dengan lebih sedikit kebutuhan penutup ban, yang membantu Michelin mewujudkan pengurangan jejak karbon.

“Bahwa format kualifikasi baru pada Formula E memberikan dampak pada penentuan strategi ban. Mengingat alokasi ban yang dimiliki pembalap, kualitas dan performa ban yang konsisten tampil prima menjadi sangat penting meskipun menggunakan ban yang sama berulang kali. Keunggulan MICHELIN Pilot Sport yang fleksibel dan tahan lama memungkinkan pembalap dapat menerapkan pengaturan dan tekanan ban yang sesuai. Selain itu, sistem teknologi ‘connected tyre’ yang terdapat pada ban memudahkan tim Michelin untuk melacak performa ban, seperti memantau tekanan ban dari jarak jauh dan menghasilkan data yang terenkripsi,” terang Mirko Pirrachio, Manager Program Formula E Michelin (31/5/2022).

Investasi Michelin dalam teknologi baru dan inovatif selaras dengan rencana Group’s All Sustainable yang berupaya meraih titik ideal dalam keseimbangan antara kebutuhan 3P (People, Profit, Planet).

[WAP]