Michelin Akan Uji Beberapa Tipe Spesifikasi Ban di Sirkuit Mandalika

AFTERMARKETPLUS.id – Seri MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan digelar pada tanggal 18-20 Maret mendatang sudah memasuki persiapan untuk tes pramusim. 

Sirkuit Mandalika menjadi salah satu dari empat lokasi tes pramusim MotoGP 2022, selain Jerez (Spanyol), Sepang (Malaysia), dan Algarve (Portugal).

Tes pramusim senantiasa dinantikan, karena selain menjadi ajang bagi para pembalap untuk menjajal dan membiasakan dengan kondisi lintasan sirkuit, juga untuk menentukan pemilihan ban yang akan dipergunakan.

Manager Piero Taramasso mengatakan untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan, agar pada akhir sesi uji dapat memberikan opsi ban-ban terbaik bagi para pembalap yang bertanding di Mandalika. Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika rencananya akan digelar pada 11 Februari 2022 mendatang.

“Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini,” imbuh Piero.

Pada sesi uji di Mandalika nanti, Michelin akan mengirimkan tim yang terdiri dari para tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua.

Ban merupakan elemen vital dalam ajang adu balap, termasuk MotoGP. Ketepatan pemilihan ban dengan performa terbaik untuk lintasan sirkuit tertentu, bisa menjadi penentu kemenangan. 

Piero menjelaskan ban-ban untuk kebutuhan balap MotoGP dikembangkan oleh departemen teknis di dalam grup Michelin di bawah arahan tim Motorsport. Ban-ban tersebut memiliki rancang bangun yang berbeda dengan ban-ban yang digunakan untuk kompetisi yang lain.

“Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrim di lintasan,” lanjut Piero.

Ia menambahkan dalam proses uji pramusim di sirkuit Mandalika, seperti pada seri-seri di sirkuit lainnya, ada tiga spesifikasi ban Michelin jenis slick (gundul/rata) yang akan dicoba yaitu tipe soft, medium dan hard.

Para pembalap akan mencoba ketiga tipe ban tersebut dalam sesi Latihan Bebas selama akhir pekan. Setelah itu para pembalap akan memilih tipe yang menurut mereka terbaik dalam hal cengkeraman dan daya tahan untuk digunakan dalam balapan pada 20 Maret 2022.

Sebagai title sponsor sekaligus pemasok tunggal ban perhelatan MotoGP sejak tahun 2016, tim Michelin Two Wheels Motorsport hadir di setiap gelaran MotoGP untuk mendukung kejuaraan dan mengembangkan ban dengan keamanan dan performa terbaik, serta memberikan saran kepada para pembalap tentang pilihan ban.

Untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan mengirimkan tak kurang dari 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.

[EYD]