Perhatikan Toolkit Ini Saat Mudik Menggunakan Motor

AFTERMARKETPLUS.id – Mudik Lebaran menggunakan sepeda motor merupakan hal yang sangat menyenangkan, juga lebih praktis serta biaya yang dibutuhkan lebih hemat, jika dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum.

Namun perlu diperhatikan bila Sobat mudik menggunakan sepeda motor harus dipersiapkan secara matang, seperti kondisi kendaraan dan beberapa toolkit yang akan digunakan jika mengalami keadaan darurat.

Perjalanan mudik yang harus diperhatikan bukan hanya sepeda motor, melainkan kesehatan pengendara yang harus dalam kondisi sehat dan prima, serta membawa kelengkapan identitas seperti SIM, KTP dan BPKB serta persiapan riding gear yang mumpuni dan nyaman saat digunakan.

putus.Kondisi sepeda motor harus sudah melakukan servis dan tetap membawa beberapa sparepart cadangan seperti busi dan toolkit untuk menghadapi kondisi darurat sepanjang perjalanan.

Ada beberapa toolkit standar yang perlu dibawa seperti obeng, kunci busi, tang, kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm, 19mm, dan siapkan juga pelumas serbaguna seperti merek Rexco 50.

Toolkit tersebut sangat bermanfaat ketika motor mengalami masalah dan jauh dari bengkel sehingga bisa kita perbaiki sendiri seperti misalnya membetulkan rantai yang sering kendur atau bahkan putus.

Untuk kondisi seperti ini kita memerlukan perkakas tang untuk menyambungkan lagi rantai yang putus kemudian kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm dan 19mm untuk menyetel kerenggangan rantai.

Kunci busi juga bisa kita manfaatkan ketika motor mengalami masalah seperti tiba-tiba brebet atau bahkan mogok, ketika melakukan perjalanan jauh maka busi yang pertama kali kita cek kondisinya.

“Saat mudik kami menyarankan untuk membawa toolkit yang mempunyai kualitas, aman dan terpercaya, karena jika menggunakan toolkit yang sembarangan malah bisa bikin baut slek atau dol yang pada akhirnya menambah masalah saat nanti dijalan,” ujar Novitasari, Brand Marketing Manager Tekiro (24/4/2022).

Setelah semua sudah dipersiapkan dengan matang, maka perjalanan mudik akan lebih aman dan nyaman.

Hal lainnya yang perlu diingat untuk selalu menjaga fisik tetap prima sepanjang perjalanan, sebaiknya kita berhenti untuk istirahat setiap dua jam sekali.

[Angga Marsanto]