TIPS PERPANJANG USIA REGULATOR

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Saat jendela tak bekerja normal, tentu sangat mengesalkan. Salah satu penyebabnya regulator kaca yang sudah rusak. Salah satu penyebab regulator kaca rusak karena jalur kaca yang kotor dan karet kaca yang kering akibat terjemur matahari.

Debu yang menempel pada jalur kaca, jika tidak segera dibersihkan ternyata bisa membuat kaca menjadi seret.

Akibatnya, maka kerja motor power window akan semakin berat. Jika dibiarkan terlalu lama maka dapat merusak motor power window dan regulator tersebut.

“Untuk memperpanjang umur regulator, maka kita dapat membersihkan jalur kaca secara berkala dengan cara melumuri jalur kaca menggunakan cairan yang mengandung silicon seperti WD40,” ujar Rizky Putra, pemilik bengkel Garasiku, di Pos Pengumben, Jakarta Barat.

“Setelah itu naik dan turunkan kaca hingga cairan menyebar rata,” lanjut pria yang berdomisili di daerah Kasablanka, Jakarta Timur ini. Dengan begitu, maka jalur kaca dan karet kaca kembali bersih dan elastis. Sehingga proses naik dan turun kaca kembali lancar.

Berapa biaya Jika Regulator Rusak?

Jika sampai regulator rusak, maka akan memakan biaya yang cukup mahal. “Harga satu unit regulator mulai dari Rp 800 ribu sampai Rp 3 jutaan untuk satu buah tergantung merek mobilnya,” lanjut komandan Garasiku itu.

Apabila sampai rusak, tentu akan sangat merepotkan karena kaca jadi tidak bisa di buka dan di tutup. Sehingga akan membatasi mobilitas Anda.

Yang Perlu Diperhatikan :

Saat membersihkan jalur dan karet kaca tersebut, tentu kita harus berhati-hati agar tidak ada komponen elektrik yang terkena cairan tersebut.

“Biasanya, di bawah jalur kaca terdapat motor power window, modul electric seat, dan lain-lain. Sehingga rawan terkena cairan tersebut,” lanjut ayah dari Denis itu.

“Jika sampai terkena komponen elektrik tersebut, tentu biaya perbaikannya bisa cukup mahal. Berkisar antara Rp 250 ribu sampai jutaan rupiah jika komponen tersebut harus diganti,” tambah pria yang akrab disapa Izzy ini.

Nah makanya, harus hati-hati ya jika ingin merawat jalur dan karet kaca tersebut. Salah-salah malah komponen yang lebih mahal bisa terkena getahnya. [Gilang Budiman]

[cml_media_alt id='3962']membersihkan kaca 001[/cml_media_alt]

About Gilang Budiman 619 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website