Pertamina Lakukan Digitalisasi Mobil Tangki untuk Tingkatkan Keselamatan dan Kualitas Layanan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Pertamina Patra Niaga, selaku Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) kembali melanjutkan program digitalisasi yang terintegrasi di bidang hilir. Setelah pada akhir tahun 2020 5.518 SPBU sudah terdigitalisasi, kini Program Smart Moda Transportasi atau SmartMT, digitalisasi kepada armada mobil tangki dengan tujuan meningkatkan kualitas keselamatan dan keamanan (safety and security fleet management). 

Inovasi digitalisasi SmartMT dikembangkan untuk mengurangi risiko faktor penyebab terjadinya insiden mobil tangki yang diakibatkan oleh kendala teknis, faktor manusia, serta risiko gangguan keamanan, sehingga menciptakan layanan mobil tangki yang lebih efektif dan efisien.

“Sekitar 44% insiden mobil tangki sebetulnya bisa dimonitor lebih baik lagi, 56% lainnya dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai pentingnya menjaga jarak aman disekitar mobil tangki. Inilah yang mendorong kami melakukan inovasi digitalisasi SmartMT, kami ingin menanamkan bahwa faktor keselamatan menjadi prioritas Pertamina dalam setiap kegiatan operasionalnya,” jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno.

Saat ini sudah beroperasi sepuluh (10) unit mobil tangki yang terintegrasi dengan fitur SmartMT yang dikelola di Fuel Terminal Ujung Berung, Bandung dan melayani sekitar 200 SPBU.

[EYD]