Simak! Ini Cara Pembuatan Ban ala Hankook Indonesia

Sigit Akbar | 18 Sep 2019

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Ban merupakan salah satu faktor terpenting dari bagian kendaraan. Saat berkendara, ban juga memiliki fungsi dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Aftermarketplus.id kali ini berkesempatan mengunjungi pabrik ban merek Korea Selatan, milik PT Hankook Tire Indonesia (HTI) di Cikarang, Jawa Barat(17/09/2019).

Bedasarkan data yang dihimpun, pabrik ban Hankook seluas 60 hektar ini dapat mencetak hingga 33 ribu ban dalam sehari. Bagaimana sih, proses pembuatan ban? Simak penjabaran berikut.

Proses Pembuatan Ban Hankook Tahap Finishing

Menurut Aris Munandar, Senior Manager Hankook Tire Indonesia menjelaskan proses pembuatan ban berawal dari pencampuran bahan baku karet dengan kawat baja hingga bahan tersebut menjadi lembaran panjang.

"Setelah menjadi lembaran, selanjutnya adalah Cutting and Bead. Pada proses ini, lembaran yang berukuran lebar 1 setengah meter dan panjang 740 meter itu dipotong secara vertikal hingga menjadi bagian kecil," ujar Aris Munandar.

Lebih lanjut, ia menjabarkan saat mesin potong bekerja, di bagian lain terjadi proses pembuatan bead. Bead merupakan bagian langsung yang menempel di pelek, sehingga materialnya dibuat kokoh.

Senior Manager Hankook Tire Indonesia, Diding Suhendri juga menambahkan bahwa proses pelapisan kawat baja dengan karet ini disebut dengan toping rubber. Setelah ditopping, maka terdapat pemberian pelapisan di bead.

"Tahap selenjutnya yaitu proses assembling, yaitu pembuatan ban setengah jadi. Proses ini bagian dalam, bead, hingga lapisan dinding diproses menjadi ban untuh. Meskipun, belum ada kembangannya. Kira-kira sudah masuk tahap 95%," tambah Diding.

Ia menambahkan, proses setelahnya ban tersebut dibawa ke rak penyimpanan untuk menunggu antrian dari ribuan cetakan ban sebelumnya.

Setelah itu, ban akan dipanaskan dengan suhu 207 derajat celcius supaya 'matang' selama 10-15 menit. Proses ini akan membentuk juga kembangan (pattern) ban, pemberian logo hingga serinya.

Setelah ban sudah tahap pematangan, dilakukan pula pengecekan secara visual oleh petugas ahli. Ban tersebut akan dilihat secara detil mulai dari bibir ban hingga bagian inner ban.

Jika tidak terjadi cacat, maka ban akan di scrap. Jika tahapan finisihing telah dilakukan, maka ban akan disimpan di gudang penyimpanan dan siap untuk didistribusikan.

[Sigit Akbar]

#Hankook #Ban Mobil #Cara Pembuatan Ban Mobil #Pabrik Hankook

...
Author : Sigit Akbar > 279 Articles

Sigit Akbar seorang Jurnalis, Youtuber dan Automotive Enthusiast. Pernah berkarya di Tabloid Otomotif, Grup Kompas Gramedia tahun 2018. Kini aktif menjadi Youtuber di Rukun Indonesia (Rukun Podcast), Head of Pantau Digital dan menikmati perkembangan otomotif di Indonesia sebagai Senior Editor di aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment