
AFTERMARKETPLUS.id – Motul Indonesia kembali meraih Brand Choice Award 2023 untuk kategori pelumas sepeda motor, perolehan penghargaan ini diraih Motul untuk ketiga kali secara berturut-turut.
“Hal yang sejalan dengan pencapaian keseluruhan penjualan Motul yang tumbuh signifikan rata-rata 42% dalam kurun waktu 2020 sampai 2022. Kemudian untuk kategori Motul sepeda motor mengalami pertumbuhan rata-rata 45% di periode yang sama,” ujar Wellmart Purba, National Sales Director (6/6/2023).
Kemudian dibandingkan periode sebelumnya penjualan Motul di tahun 2021 tumbuh sebesar 47%, dan untuk 2022 tumbuh 42%. Perkembangan penjualan ini terus berlanjut di tahun 2023 diperkirakan akan tetap tumbuh di atas 30%.
Wellmart Purba mengatakan, Brand Choice Award ini mempertegas positioning Motul sebagai brand pelumas yang paling dicari konsumen di internet. Selain itu, Motul juga mendominasi penjualan produk dan rating, serta review positif hampir di seluruh platform marketplace. Positioning tersebut memberikan kemudahan kepada konsumen untuk kemudian memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Brand Choice Award 2023 diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID dengan melakukan riset Brand Choice Index periode Januari – Maret 2023. Riset dilakukan terhadap 350 kategori produk dengan lebih dari 3.000-an brand. Penilaian berdasarkan pada 3 parameter yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.
Kemudian dari hasil penilaian tersebut, brand yang masuk dalam daftar riset Brand Choice index 2023, berhak mendapatkan penghargaan Brand Choice Award 2023.
Sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID kepada brand-brand Nasional dan Internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan berhasil menjadi pilihan konsumen tanah air.
“Selama tiga tahun terakhir, Motul Indonesia terus berusaha meningkatkan Brand Awareness, terutama berfokus di digital channels. Hal ini juga didukung oleh banyaknya respon positif yang dikemukakan oleh pelanggan setia Motul, maupun pengguna baru yang sangat puas dengan kualitas produk Motul. Respon positif ini telah melipat gandakan persepsi positif terhadap brand Motul,” terang Luthfi Ilhami selaku Managing Director Motul Indonesia.
Luthfi Ilhami menambahkan dengan pencapaian ini, tahun 2023 menandakan Motul 170 tahun menjadi pelumas pilihan terbaik konsumen. Kami memang terus menjajaki untuk melakukan proses produksi lokal di Indonesia secara keseluruhan, tapi tentu saja ini harus dipersiapkan dengan matang sejalan dengan pertumbuhan penjualan Motul di Indonesia. Yang pasti Motul berkomitmen untuk menjaga ketersediaan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dan bisa dipastikan, di mana pun Motul diproduksi standar kualitas akan sama mengacu kepada standar kualitas global Motul.
Melihat sisi perkembangan penjualan motor di Indonesia yang didominasi oleh motor matic, perkembangan penjualan motul di Indonesia juga didorong oleh peningkatan yang signifikan dalam penjualan oli Scooter Series Motul seperti Motul Scooter LE, Scooter Expert LE dan Scooter Power LE.
Motul tersedia untuk segala jenis motor, mulai dari jenis motor harian hingga untuk kebutuhan balap. Pengalaman Panjang motul di dunia balap, diaplikasikan untuk memenuhi tantangan berkendara harian seperti perlindungan mesin maksimal dalam suhu panas dan situasi kemacetan.
Seperti diketahui, beberapa faktor yang membuat Motul melekat di hati konsumen setia karena eksistensi Motul di ajang balap seperti WSBK, salah satunya lewat produk pelumas khusus balap, Ester Series yang sudah sangat terkenal dan diakui sejak era awal 90-an.
[Angga Marsanto]