Tips: Cek Kendaraan Sebelum Mudik, Perhatikan 3 Komponen Ini!

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Pulang kampung atau mudik sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat Indonesia jelang perayaan Idul Fitri setiap tahunnya.

Berbagai transportasi sudah disiapkan sebelumnya demi menunjang kelancaraan perjalanan. Salah satunya, kendaraan pribadi.

Mulai dari pengecekkan ban, oli mesin, kampas rem hingga spooring dan balancing.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menambahkan, masih ada part yang kerap disepelekan bahkan terlupakan dalam pengecekkan.

Akibatnya, hal tersebut mengganggu kenyamanan dan kelancaran perjalanan, bahkan membahayakan jiwa.

“Aki yang kering kerap terlupakan dalam pengecekkan, padahal kalau sudah ngambek, mobil tidak bisa jalan,” papar Sony kepada aftermarketplus.id (14/04/2022).

Di samping itu, komponen kedua yang terlupakan pada bagian AC. Ia merincikan pada bagian filter AC, jika tidak terganti dan sudah bertumpuk debu, AC tidak bisa menghasilkan dingin yang maksimal.

Lebih parah dari itu, beberapa part yang tidak tercek dapat rusak sehingga mengganggu kenyamanan dalam perjalanan.

Yang ketiga, sony menambahkan wiper kerap abai dicek karena terlihat baik-baik saja tanpa kendala.

Padahal, dalam tinjauan aftermarketplus.id, wiper yang terlambat diganti komponen tersebut tidak dapat membersihkan air hujan secara maksimal sehingga membahayakan karena penglihatan pengendara terganggu air hujan.

Selain itu, wiper yang tidak diganti dapat membuat goresan pada kaca alias baret. Wiper sendiri merupakan komponen yang biasanya diganti usia penggunaan berkisar 6-12 bulan.

“Setelah pengecekkan kendaraan secara maksimal, pengendara juga tidak boleh memaksakan diri berkendara. Sebab dapat terkena microsleep, sebuah kondisi dimana otak pengemudi sudah shutdown akibat letih berlebihan,” terang Sony.

[Sigit Akbar]