Tips Merawat Baterai Mobil Listrik dari Hyundai Gowa

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Saat ini mobil listrik di Indonesia semakin tinggi peminatnya. Keuntungan dari mobil listrik, pengendara tidak perlu lagi repot mengantri di SPBU. Cukup dengan mengisi daya baterai menggunakan charger portable yang dihubungkan ke stopkontak di rumah.

Namun, menjaga ketahanan baterai perlu menjadi perhatian untuk pengendara mobil listrik. Beberapa faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai seperti kapasitas baterai, gaya mengemudi, kondisi cuaca, dan usia baterai. Merawat baterai mobil listrik penting dilakukan untuk memperpanjang daya tahannya.

Berikut tips perawatan baterai mobil listrik:

Pastikan baterai terpasang dengan aman.

Jaga agar bagian atas baterai dalam keadaan kering.

Jaga agar terminal dan sambungan tetap bersih, kencang, dan dilapisi dengan petroleum jelly atau grease/gemuk terminal.

Segera bilas elektrolit yang tumpah dari baterai dengan larutan air dan soda kue.

Jika kendaraan tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, lepaskan kabel baterai.

Selain melakukan perawatan baterai, beberapa hal  juga perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan penggunaan baterai pada mobil listrik. Pastikan pemilik mobil listrik telah membaca buku panduan dan memahami instruksi penanganan baterai.

Jauhkan baterai dari sumber api atau bahan mudah terbakar dan dari jangkauan anak-anak. Jangan pernah gunakan perangkat pengisi daya yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Jika sudah saatnya pergantian baterai atau perawatan mobil listrik secara keseluruhan, maka bisa langsung datang ke bengkel resmi Hyundai Gowa terdekat. Bagi pelanggan yang membutuhkan layanan darurat, tidak perlu khawatir, pelanggan bisa memanfaatkan Home Service Hyundai Gowa.

“Sebagai salah satu pionir dalam memperkenalkan mobil listrik di Indonesia, kami turut mendukung program penggunaan mobil listrik sesuai dengan visi Hyundai, Progress for Humanity,  untuk mewujudkan mobilitas yang lebih ramah lingkungan,” terang Ferry, Chief Operation Office Hyundai Gowa (5/7/2024).

Bagi Anda yang ingin beralih ke mobil listrik, Hyundai Gowa memberikan kesempatan untuk mendapatkan nilai lebih kepada pelanggan. Khusus transaksi Hyundai IONIQ 6 di Hyundai Gowa, pelanggan juga bisa membawa pulang hadiah langsung berupa motor listrik United MX 1200 tanpa diundi. Syarat dan ketentuan berlaku.

“Hyundai Gowa berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat untuk masa depan yang berkelanjutan. Kami harap, dengan adanya program ini, maka bisa menjadi game-changer demi memulai ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” imbuh Ferry.

[GLG]

About Gilang Budiman 1433 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website