AFTERMARKETPLUS.id – Daihatsu Dress Up e-Challenge (DDeC), program hasil kerjasama antara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan HIN (Hot Import Night) ini menjadi bagian dari IAM (International Automodified) merupakan ajang adu kreativitas modifikasi mobil Daihatsu.
Ajang Daihatsu Dress Up e-Challenge ini merupakan kontes modifikasi terbuka untuk seluruh model Daihatsu yang rutin diselenggarakan setiap tahun selama 10 tahun berturut-turut sejak 2014. DDeC tahun ini diselenggarakan secara nasional dengan pembagian 4 area regional meliputi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali.
Kontes modifikasi mobil Daihatsu ini menerapkan skema eliminasi dimana pemenang akan diseleksi dalam beberapa tahap. Tercatat lebih dari 1.300 mobil Sahabat kreatif yang telah dimodifikasi berpartisipasi pada kontes ini.
Dalam pemilihan 20 besar dari keempat regional dimulai pada 10–13 November 2023, kemudian seleksi pemilihan 8 besar berikutnya dilakukan pada 15–16 November 2023, dilanjutkan dengan pemilihan 4 besar yang berlangsung pada 17–20 November 2023, dan berlanjut dengan seleksi 2 finalis yang akan dilakukan melalui sistem voting mulai pada 22–24 November 2023.
Selanjutnya, untuk penentuan atau seleksi juara 3 dan 4 akan dilakukan pada 27–30 November 2023, sementara pemilihan pemenang utama yaitu Champion dan Runner-Up dilaksanakan pada 28–30 November 2023. Seluruh pemilihan tersebut dilakukan secara voting melalui akun Instagram @hinofficial, serta pemenang kontes ini akan diumumkan pada 3 Desember 2023
Selain itu, pada kontes modifikasi ini, mulai pada tahap seleksi top 8 hingga final publik atau netizen dapat menilai dengan memberikan vote atau suara dalam menentukan mana mobil terkeren menurut versi netizen melalui kanal media sosial Instagram @hinofficial.
Acara kolaborasi Daihatsu bersama IAM ini menyediakan hadiah total sebesar puluhan juta rupiah beserta thropy siap dibagikan kepada modifikator terpilih mulai sejak lolos putaran awal dan seterusnya dengan nilai hadiah yang terus meningkat hingga babak Final.
Berbeda dari tahun sebelumnya, selain menantang para modifikator lewat kontes modifikasi kendaraan secara riil, Daihatsu juga tantang Sahabat Kreatif melalui modifikasi virtual yang ditujukan sebagai ajang adu kreativitas, konsep, imajinasi, serta skill atau kemampuan teknis dalam editing secara digital dengan total peserta terdaftar lebih dari 160 peserta.
Modifikasi virtual dapat dilakukan pada lini model terkini produk Daihatsu di Indonesia, seperti Ayla, Sigra, Xenia, Terios, Rocky, Sirion, GranMax, dan Luxio. Modifikasi virtual dinilai mulai dari konsep keseluruhan atau overall build yang fokus kepada aspek imajinasi, inovasi, serta aspek lainnya.
Khusus pada modifikasi virtual, terdapat kategori juara Fortnight Favorite yang akan dipilih 2 pemenang setiap 2 Minggu.
Selain itu, ajang modifikasi virtual ini juga diadakan voting People’s Choice yang dipilih melalui vote oleh netizen sejak seleksi top 20 melalui instagram @hinofficial, dan akan diumumkan pada 9 November 2023, disusul seleksi top 8 pada 21 November 2023, kategori People’s Choice, Top Fitment dan Top Body Kit pada 23 November 2023, serta pemenang kontes pada 3 Desember 2023
Daihatsu dan IAM juga menyiapkan hadiah total sebesar puluhan juta bagi pemenang karya terbaik. Mulai dari pemenang dengan kategori Fortnight Favorite, serta kategori khusus lainnya seperti People’s Choice, Top Fitment, dan Top Body Kit.
[GLG]