MEDAN LUMPUR MENJADI SANTAPAN EMPUK ALL NEW PAJERO SPORT DAKAR 4X4

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Pada sesi test drive All New Pajero Sport bersama pereli dunia dan nasional di Kuningan BizPark, Jakarta (25/2). Kami mendapat kesempatan menjadi penumpang yang dikemudikan oleh Rifat Sungkar Brand Ambassador Mitsubishi Motors sekaligus pereli nasional.

“New Pajero Sport Dakar 4×4 yang dibekali mesin baru 4N15 berkapasitas 2.400cc MIVEC Turbocharger benar-benar terasa tenaganya, baik diputaran bawah maupun atas,” papar Rifat.

Mengemudikan mobil di trek berlumpur dan banyak belokan tajam, bagi orang awam tentunya bukan hal yang mudah. Nah, mumpung disopiri pereli kawakan ini, kami sempat menanyakan apa saja trik yang digunakan dalam mengendarai SUV terbaru dari Mitsubishi ini.

Untuk profesional driver seperti kami, dalam mengemudikan mobil di medan off-road kita biasanya melakukan dengan mengontrol 3 hal.

Pertama bisa dengan steering control dan itu merupakan hal yang paling lazim dilakukan, kedua dengan brake control dan yang ketiga dengan throttle control, yaitu mengontrol jalannya kendaraan yang bisa kita kendalikan dengan memainkan pedal gas.

Throttle control ini bisa digunakan pada saat  memasuki tikungan, untuk memposisikan mobil dalam posisi ditengah tikungan atau bahkan mengubah posisi mobil.

Kalau orang awam biasanya mengendalikan mobil di dalam tikungan yang berlumpur, stir belokin lalu rem, belokin lalu gas. Padahal itu salah.

Karena di trek yang berlumpur tidak selalu mobil dibelokin bisa belok, yang ada mobil tetap berjalan lurus atau understeer.

“Di sini throttle control itu sangat penting  sekali untuk mengendalikan serta mendapatkan dinamika posisi mobil yang tepat masuk tikungan sama di tengah tikungan yang berlumpur,” ujar Rifat.

Pantas saja All New Pajero Sport Dakar 4×4 dengan mudahnya melahap trek licin dan berlumpur dan kami masih bisa duduk dengan nyaman. Disamping faktor pengemudi,  juga bantingan suspensinya empuk dan mampu meredam guncangan dengan baik.  [MNR]

PAJERO SPORT DAKAR 1