Bedah Kecanggihan Wuling Almaz RS, Smart SUV Seharga Rp 400 Jutaan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Kenapa Wuling Almaz RS disebut the first leading intelligent digital car? Karena mobil ini dibekali kecanggihan teknologi. Inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) mencakup beberapa fitur pintar, yakni Advanced Driving Assistance (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV).

Wuling menyediakan Almaz RS dengan fasilitas ADAS. Sistem ini terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance hingga Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Jika diaktifkan, seluruh fitur tersebut bekerja sama sebagai fitur bantuan berkendara yang dapat mengurangi resiko kecelakaan.

Misalnya saat pengemudi kehilangan konsentrasi dan mobil melenceng keluar jalur, maka fitur LDW dan LKA berturut-turut akan memberi peringatan dan mengoreksi posisi kemudi secara otomatis agar kendaraan kembali ke jalurnya.

Begitu pula saat pengemudi kelelahan di tengah kemacetan. Fitur TJA dapat menghentikan laju secara otomatis bila jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat.

Sementara fitur ACC sangat berguna mengurangi kelelahan saat berkendara di jalan tol dalam perjalanan panjang ke luar kota. Kaki dapat sedikit beristirahat karena mobil dapat mengikuti kecepatan sembari menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis.

Keselamatan penghuni kabin Wuling Almaz RS juga dilengkapi dengan fitur keselamatan berkendara standar seperti Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbags hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Selain sistem ADAS, Wuling Almaz RS memiliki fitur canggih lain bernama IoV. Melalui head unit, sejumlah fungsi kendaraan dapat terhubung dengan smartphone.

Melalui koneksi internet dan aplikasi MyWuling+ pada smartphone, pengguna dapat mengakses beberapa fitur seperti melihat sisa bahan bakar dan perkiraan sisa jarak tempuhnya, vehicle positioning untuk melihat posisi kendaraan saat diparkir hingga fungsi keamanan pagar elektronik atau geo fencing.

Fitur yang terakhir memberikan perlindungan lebih, sebab bila kendaraan bergerak keluar batas dalam radius tertentu maka akan ada peringatan pada smartphone.

Tidak hanya itu, lewat smartphone pengguna juga dapat membuka dan mengunci pintu kendaraan, menghidupkan mesin, membuka dan menutup jendela, hingga menyalakan pendingin udara. Bahkan smartphone juga bisa berfungsi menggantikan kunci mobil sebagai bluetooth key.

Bila dihubungkan dengan smartphone, head unit Wuling Almaz RS juga dapat menggunakan koneksi internet. Pengguna bisa mengakses navigasi online, memutar musik secara daring, hingga menerima pesan.

Sebagai tambahan, head unit SUV seharga Rp 400 jutaan ini juga bisa diperintah dengan suara menggunakan bahasa Indonesia melalui fitur Wuling Indonesian Command (WIND).

Pengguna bisa membuka atau menutup sunroof, menyalakan atau menurunkan suhu AC (Air Conditioner), melakukan panggilan telepon, mengakses hiburan musik hingga menanyakan tanggal dan waktu terkini melalui perintah suara interaktif berbahasa Indonesia.

Kata kunci “Halo Wuling” yang wajib diucapkan untuk mengaktifkan fitur WIND ini pun cukup mudah dideteksi oleh sistem yang kemudian akan dijawab “Halo!”

Terakhir, semua kecanggihan yang dimilikinya ini dibalut oleh desain eksterior yang rupawan. Begitupun desain interiornya yang mewah dan bernuansa high-tech.

Apalagi kabin yang lega dan hening, ditambah pengalaman berkendaranya yang nyaman, menjadikan Wuling Almaz RS sebagai smart SUV seharga Rp 400 jutaan yang sangat layak untuk dimiliki.

[EYD]