Bedah Performa dan Inovasi Teknologi Sistem Keselamatan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Mitsubishi meremajakan Xpander dan Xpander Cross di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021. Selain pembaruan di bagian eksterior dan interior, Mitsubishi juga menyempurnakan performa serta melengkapi Xpander dan Xpander Cross dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Performa mesin, transmisi dan daya jelajah

Salah satu langkah menyempurnakan Xpander dan Xpander Cross, Mitsubishi mengganti transmisi otomatis komvensional di versi lamanya dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi ini diklaim mampu memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal, efisiensi bahan bakar hingga perpindahan gigi yang mulus.

Ubahan ini dilakukan oleh Mitsubishi setelah mendengarkan masukan dari para pelanggan. “Salah satu penyempurnaan luar biasa adalah penyematan CVT dari konvensional, ini dari hasil mendengarkan semua pelanggan. CVT memastikan konsumen mendapatkan kenyamanan dan efisiensi yang tinggi,” ujar Hikaru Mii, selaku Director of Product Strategy Division, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), saat peluncuran New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross secara virtual (8/11).

Baik Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross dibekalli mesin 1,5 liter MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4. Performa yang dihasilkan, tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Dipadukan dengan transmisi CVT, performanya diklaim dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Selain transmisi, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga mendapatkan suspensi baru. Sized-up rear shock-absorber yang digunakan oleh suspensi belakang Xpander dan Xpander Cross facelift diklaim memiliki kualitas yang sama dengan yang dipakai oleh Mitsubishi Pajero Sport. Sedangkan high performance valve yang dipakai suspensi Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga biasanya digunakan oleh mobil Eropa.

Hasilnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross diklaim memiliki stabilitas berkendara yang lebih baik. Penyetelan suspensinya juga disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia. Itu sebabnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi untuk visibilitas dan daya jelajah yang lebih baik. Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance setinggi 200 mm sedangkan Xpander Cross 225 mm.

Inovasi teknologi fitur keselamatan

Tak hanya performa, kenyamanan dan stabilitas berkendara yang ditingkatkan, Mitsubishi juga melengkapi Xpander dan Xpander Cross dengan sistem keselamatan yang unggul. Pertama, Xpander dan Xpander Cross sudah menerapkan Electric Parking Brake dengan fitur Brake Auto Hold. Tanpa tuas rem parkir, ruang di konsol tengah menjadi lebih rapih.

Mitsubishi juga telah memasang fitur Speed Sensitive Automatic Door Lock. Fitur ini akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis setelah menyentuh kecepatan tertentu. Fitur keselamatan seperti rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist).

Fitur keselamatan canggih lainnya yang dimiliki Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross diantaranya, ESS (Emergency Stop Signal), Hill Start Assist hingga ASC (Active Stability Control).

Segala pengembangan dan penyegaran baru yang dibenamkan pada Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, melengkapi berbagai keunggulan yang telah disematkan pada model sebelumnya.

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present