AFTERMARKETPLUS.id - Mitsubishi meremajakan Xpander dan Xpander Cross di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021. Selain pembaruan di bagian eksterior dan interior, Mitsubishi juga menyempurnakan performa serta melengkapi Xpander dan Xpander Cross dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap.
Performa mesin, transmisi dan daya jelajah
Salah satu langkah menyempurnakan Xpander dan Xpander Cross, Mitsubishi mengganti transmisi otomatis komvensional di versi lamanya dengan transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi ini diklaim mampu memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal, efisiensi bahan bakar hingga perpindahan gigi yang mulus.
Ubahan ini dilakukan oleh Mitsubishi setelah mendengarkan masukan dari para pelanggan. "Salah satu penyempurnaan luar biasa adalah penyematan CVT dari konvensional, ini dari hasil mendengarkan semua pelanggan. CVT memastikan konsumen mendapatkan kenyamanan dan efisiensi yang tinggi," ujar Hikaru Mii, selaku Director of Product Strategy Division, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), saat peluncuran New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross secara virtual (8/11).
Baik Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross dibekalli mesin 1,5 liter MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4. Performa yang dihasilkan, tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Dipadukan dengan transmisi CVT, performanya diklaim dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.
Selain transmisi, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga mendapatkan suspensi baru. Sized-up rear shock-absorber yang digunakan oleh suspensi belakang Xpander dan Xpander Cross facelift diklaim memiliki kualitas yang sama dengan yang dipakai oleh Mitsubishi Pajero Sport. Sedangkan high performance valve yang dipakai suspensi Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga biasanya digunakan oleh mobil Eropa.
Hasilnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross diklaim memiliki stabilitas berkendara yang lebih baik. Penyetelan suspensinya juga disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia. Itu sebabnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi untuk visibilitas dan daya jelajah yang lebih baik. Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance setinggi 200 mm sedangkan Xpander Cross 225 mm.
Inovasi teknologi fitur keselamatan
Tak hanya performa, kenyamanan dan stabilitas berkendara yang ditingkatkan, Mitsubishi juga melengkapi Xpander dan Xpander Cross dengan sistem keselamatan yang unggul. Pertama, Xpander dan Xpander Cross sudah menerapkan Electric Parking Brake dengan fitur Brake Auto Hold. Tanpa tuas rem parkir, ruang di konsol tengah menjadi lebih rapih.
Mitsubishi juga telah memasang fitur Speed Sensitive Automatic Door Lock. Fitur ini akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis setelah menyentuh kecepatan tertentu. Fitur keselamatan seperti rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist).
Fitur keselamatan canggih lainnya yang dimiliki Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross diantaranya, ESS (Emergency Stop Signal), Hill Start Assist hingga ASC (Active Stability Control).
Segala pengembangan dan penyegaran baru yang dibenamkan pada Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, melengkapi berbagai keunggulan yang telah disematkan pada model sebelumnya.
[MNR]
#Mitsubishi Xpander #Xpander Cross
Author : pekik udi irianto > 2747 Articles
Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.
List Comment
No Comment