Begini Mewahnya Fitur-fitur Mercedes-Benz The New S-Class

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Mercedes-Benz The new S-Class yang merupakan Luxury Sedan resmi mengaspal di Indonesia (4/5). Sejak diluncurkan pertama kali di tahun 1951, lebih dari 4 juta S-Class telah dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia. Nama ‘S-Class‘ pertama kali diumumkan melalui seri 116 di tahun 1972. Secara keseluruhan, lebih dari 500.000 sedan S-Class telah terjual sejak peluncuran generasi yang sekarang dalam fase runout.

Di beberapa tahun terakhir, tidak ada inovasi yang dapat mengubah secara drastis dalam mengoperasikan kendaraan Mercedes-Benz selain sistem MBUX (Mercedes-Benz User Experience). Generasi kedua dari sistem yang dapat belajar ini hadir untuk pertama kalinya di New S-Class.

Interior kendaraan semakin cerdas dan digital, seiring dengan peningkatan besar pada perangkat keras dan lunak: tampilan brilian hingga lima layar besar, sebagai bagian dengan teknologi OLED, sehingga mengontrol kendaraan dan fungsi kenyamanan menjadi lebih mudah. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan personalisasi dan pengoperasian intuitif menjadi jauh lebih canggih.

Hal ini juga berlaku pada bagian belakang, dan tentu saja pada pengemudi: Contohnya, tampilan 3D terbaru pada pengemudi yang menunjukkan tampilan spasial hanya dengan satu sentuhan tombol untuk pertama kalinya. Efek tiga dimensi juga diwujudkan secara nyata tanpa harus memakai kacamata 3D.

Fitur voice assistant “Hey Mercedes” hadir lebih canggih dan dapat melakukan percakapan, terlebih lagi, beberapa tindakan dapat dilakukan tanpa menyebutkan kata kunci “Hey Mercedes.” Hal ini termasuk menerima panggilan telepon. “Hey Mercedes” juga dapat menjelaskan fungsi kendaraan dan menjawab pertanyaan umum. Di model S-Class, fitur ini dapat dikontrol dari sisi belakang.

Melalui generasi terbaru ini, desain interior telah berevolusi menjadi sebuah tempat yang nyaman sebagai rumah dan tempat bekerja. Hampir seluruh aspek yang berkaitan dengan kenyamanan telah ditingkatkan, baik di bagian depan maupun belakang. Oleh karena itu, interiornya memberikan kesan yang sangat luas dan nyaman.

Perpaduan antara kemewahan digital dan analog menghasilkan desain interior yang revolusioner, termasuk asosiasi dengan para arsitektur interior dan elemen desain kapal pesiar. Lekukan yang berada pada dasbor, konsol tengah, dan sandaran lengan terlihat mewah pada interior yang luas.

Disamping itu, pengurangan sistematis dalam jumlah gerakan kontrol menggarisbawahi tampilan interior yang minimalis. Adanya pembagian yang tepat antara bagian atas dasbor dan struktur area elemen trim besar, juga menciptakan dimensi horizontal yang lebar.

Di samping adanya lima layar, sorotan area interior depan juga mencakup area trim yang luas di dasbor. Hal ini di posisikan seperti mengelilingi penumpang dan merupakan pengembangan lebih lanjut yang sistematis dari efek melingkar. Selanjutnya, elemen desain baru termasuk ventilasi tengah empat persegi datar dengan desain nacelles pesawat horizontal. Terdapat dua ventilasi ramping di samping dengan bentuk vertikal yang memiliki sudut membulat pada dasbor.

Tampilan pengemudi dan media menawarkan pengalaman estetika yang komprehensif. Tampilan layar dapat disesuaikan dengan pilihan empat gaya tampilan (Sederhana, Sporty, Eksklusif, Klasik) dan tiga mode (Navigasi, Assistance, Servis).

Kursi dari The new S-Class ini sangat memanjakan penumpang. Mengusung tema desain yang memiliki tiga lapisan dimensi mengalir memberikan kesan elegan. Seperti, pola berlian progresif dari kulit nappa Eksklusif yang klasik dan ekspresif.

Terdapat hingga 19 motor tersemat pada kursi untuk membuat tempat duduk yang nyaman – angka ini menunjukkan kompleksitas teknologi yang dipasang di kursi. Akan tetapi, kenyamanan saja tidaklah cukup. Kursi juga memainkan peran utama dalam hal keselamatan. Dan tentu saja dalam hal kenyamanan yang dikombinasikan dengan kemewahan: kursi yang tersedia untuk seri S-Class telah memenuhi syarat Healthy Seating Campaign.

Asyiknya lagi hadir sepuluh program pijat yang berbeda pada seri S-Class baru. Program ini menggunakan mode getaran, dan dapat meningkatkan efek pijatan santai dengan kehangatan seperti prinsip batu panas. Dalam mencapai tujuan ini, pemanas kursi digabungkan dengan ruang udara tiup di kursi multikontur yang aktif.

Ruang udara kini berada lebih dekat ke permukaan kursi, dan oleh karena itu lebih mudah untuk dikendalikan dan dirasakan oleh penumpang. Kemudian pada bagian belakang S-Class dirancang sebagai tempat untuk bekerja atau tempat beristirahat. Hal-hal yang mencakup penyesuaian ruang, sudut kursi penumpang depan dalam konfigurasi pengemudi dan kursi sandaran di belakangnya juga telah ditingkatkan.

Pada new S-Class, Mercedes-Benz selangkah lebih dekat dengan visinya tentang mengemudi tanpa kecelakaan. Pengemudi akan didukung oleh berbagai sistem bantuan mengemudi baru maupun yang telah ditingkatkan. Dengan demikian, pengemudi dapat mengurangi beban kerja situasi sehari-hari, dan mampu mengemudi dengan nyaman dan aman. Ketika bahaya mengancam, sistem bantuan mampu merespon pada tabrakan yang akan datang sesuai situasi yang terjadi. Prinsip operasi sistem ini dibuat untuk menunjukkan visualisasi dari konsep tampilan baru pada tampilan ruang pengemudi.

Berkat sensor lingkungan yang telah ditingkatkan, sistem parkir memberikan dukungan yang lebih baik kepada pengemudi saat bermanuver dengan kecepatan rendah. Pengoperasian lebih cepat dan lebih intuitif berkat integrasinya ke sistem MBUX.

Suspensi udara AIRMATIC dengan redaman ADS+ yang dapat disesuaikan secara terus menerus telah menjadi perlengkapan standar. Hubungan antara semua sistem suspensi dan sistem kontrol memastikan stabilitas dan keamanan maksimum. Mercedes-Benz kini telah menambahkan fungsi baru PRE-SAFE® Impulse Side ke dalam fase sebelum kecelakaan.

Dengan jarak sumbu roda depan dengan ujung bumper depan mobil (front overhang) yang pendek, jarak sumbu roda yang panjang, dan jarak sumbu roda belakang dengan ujung bumper belakang (rear overhang) yang seimbang, S-Class dirancang sebagai sedan klasik dengan proporsi yang sempurna.

Track yang lebar dan roda yang dipasang rata dengan desain modern membuat kendaraan ini terlihat lebih gagah. Garis karakter telah dikurangi di sepanjang sisi. Permukaan yang berkontur secara mewah dengan tampilan pahatan menciptakan efek cahaya khusus. Bagian depan lebih terlihat berkesan dengan high-status radiator grille.

Lampu depan menjadi ciri aspek depan mobil. Kendaraan ini memiliki tanda lampu mengemudi siang hari tiga titik yang merupakan ciri khas S-Class, namun lebih datar dan secara keseluruhan agak lebih kecil. Gagang pintu yang dipasang rata adalah pengembangan yang benar-benar baru. Gagang pintu berinteraksi secara elektrik ketika pengemudi mendekat, atau permukaan luar pegangan pintu dibelai. Akses tanpa kunci disediakan oleh sistem KEYLESS-GO.

Penampilan dinamis mobil dilanjutkan pada bagian belakang. Berkat desain yang presisi, fitur interior yang sangat detail, dan fungsi animasi tertentu, lampu belakang memberikan kesan berkualitas tinggi. Lampu ini membuat New S-Class memiliki visualisasi pencahayaan yang jelas baik pada siang dan malam hari.

Sistem DIGITAL LIGHT memasuki produksi seri untuk pertama kalinya di Mercedes-Benz. Di setiap lampu depan, DIGITAL LIGHT memiliki modul lampu dengan tiga LED yang sangat bertenaga melalui cahaya yang dibiaskan dan diarahkan oleh 1,3 juta cermin mikro. Oleh karena itu, resolusinya lebih dari 2,6 juta piksel per kendaraan sehingga membuat distribusi cahaya yang sangat presisi.

Hal ini membuat Highbeam Assist 100 kali lebih presisi daripada cahaya 84-piksel saat mengecualikan lalu lintas atau rambu jalan dari berkas cahaya. Gradasi dari cahaya/bayangan dan distribusi cahaya dari semua fungsi cahaya adaptif lainnya juga diwujudkan dengan lebih presisi, mengoptimalkan iluminasi dengan, misalnya, lampu kabut, lampu jalan raya atau lampu kota.

Berkat teknologi LED, S-Class baru juga mengambil lompatan ke depan dalam pencahayaan interiornya: Mercedes-Benz kini telah mewujudkan pencahayaan interior interaktif untuk pertama kalinya. Pencahayaan ambien aktif melengkapi pencahayaan ambien dengan lapisan cahaya tambahan. Hal ini terintegrasi ke dalam sistem bantuan mengemudi, dan mampu memperkuat peringatan secara visual. Ini juga memungkinkan umpan balik yang sesuai untuk kenyamanan pengemudi. Ini berlaku untuk sistem climate control atau asisten suara ‘Hey Mercedes’.

Mercedes-Benz The new S-Class adalah salah satu mobil paling aerodinamis di dunia, dan terutama di segmen sedan luxury. Faktor aerodinamis yang memengaruhi badan mobil, bagian bawah bodi mobil, dan bagian yang dapat dilepas menunjukan hasil terowongan angin maupun dalam operasi nyata yang baik. Simulasi aliran udara yang ekstensif telah dilakukan dengan menggunakan kluster komputer berkinerja tinggi selama fase pengembangan awal.

S-Class juga telah mencapai peningkatan lebih lanjut dalam aeroacoustics. Generasi sebelumnya sudah unggul dengan tingkat kenyamanan redaman suara pada interior. Model baru ini bahkan lebih senyap. Bodyshell yang memiliki kekakuan yang cukup tinggi, memberikan kenyamanan redaman suara dan kenyamanan getaran, juga adanya fine-tuning yang ditingkatkan. Mercedes-Benz juga menggunakan busa akustik di bagian bodyshell tertentu untuk pertama kalinya.

New S-Class hadir dengan S 450 4MATIC Luxury mengusung mesin dengan enam silinder segaris (3,0 liter, 367 hp / 500 Nm) dan starter-alternator EQ Boost 48-Volt.

Desain bodyshell dan inovasi dalam restraint system (sebagai alat proteksi keamanan kendaraan untuk mencegah terjadinya benturan penumpang dengan bagian kendaraan) menegaskan peran utama S-Class dalam hal keselamatan pasif.

Aluminium hybrid bodyshell baru dengan kandungan aluminium lebih dari 50 persen memenuhi berbagai persyaratan: Tingkat keselamatan kecelakaan yang tinggi, bobot yang lebih rendah, dan highly rigid bodyshell memastikan karakteristik penanganan yang luar biasa disertai dengan keredaman yang sangat baik dan getaran yang nyaman.

Lebih dari 98 kg komponen yang terbuat dari bahan yang menghemat sumber daya digunakan di S-Class. Jumlah komponen yang mengandung komponen daur ulang sekarang mencapai 120 – lebih dari dua kali lipat model sebelumnya. Sekitar 40 kg lainnya terbuat dari bahan baku yang dapat diperbarui. Proses pengembangan yang selaras dengan lingkungan dengan target tertentu tertanam kuat dalam proses pengembangan secara keseluruhan. Aspek lingkungan telah diperhitungkan dalam tahap konseptual.

Kini, benang daur ulang digunakan untuk penutup lantai. Benang dengan merek ECONYL® ini terdiri dari Nylon yang telah teregenerasi. Diproduksi dengan mendaur ulang limbah Nylon yang ditujukan untuk TPA, misalnya jaring ikan yang sudah lama dan sisa-sisa kain dari pabrik dan karpet. Benang ini dikumpulkan dan diubah menjadi benang baru yang memiliki sifat yang sama dengan nilon dari bahan mentah baru.

New Mercedes-Benz S 450 4MATIC Luxury tersedia mulai bulan Juni 2021 dengan harga Rp 3.099 miliar (off the road). Sudah termasuk layanan Star Service 5 tahun dan garansi 3 tahun.

[MNR]

About pekik udi irianto 1613 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present