Berubah Jadi FWD, Ini Alasan Toyota Avanza dan Veloz Tinggalkan Sistem Penggerak Roda Belakang

pekik udi irianto | 11 Nov 2021

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Rabu (10/11/2021) Toyota Indonesia memperkenalkan Avanza dan Veloz generasi ketiga. Tak main-main, perubahannya radikal. Berdiri di atas struktur rangka yang benar-benar baru (platform global TNGA), Toyota Avanza dan Veloz menjelma menjadi sosok yang lebih besar, modern dan sporty. Tetapi yang paling menarik perhatian, Toyota memutuskan memilih sistem penggerak roda depan untuk Avanza dan Veloz terbaru.

Ya, karena inilah yang menjadi salah satu keunggulan yang ditonjolkan Toyota Avanza selama ini. Pasalnya, mayoritas model di kelas Low MPV (Multi Purpose Vehicle) memilih penggerak roda depan. Misalnya, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan Nissan Livina.

Selama ini sistem penggerak roda belakang Toyota diunggulkan lantaran menawarkan traksi roda belakang yang maksimal sehingga cocok untuk digunakan di wilayah Nusantara dengan kontur jalanan yang beragam. Kini pada generasi ketiganya, mobil terlaris di Indonesia yang sudah terjual lebih dari 1,8 juta ini justru melakukan pergantian jenis penggeraknya.

Menanggapi hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam jumpa pers virtual kemarin (10/11) mengatakan, “Jadi masing-masing RWD dan FWD adalah baik, punya plus minus masing-masing, yang terbaru ini mempertimbangkan tidak hanya FWD atau RWD, banyak pertimbangan. Misalnya infrastruktur di Indonesia lebih baik kondisi jalanannya saat ini. Ini platform baru tujuannya pasti lebih ringan bobotnya, lebih ekonomis, irit dan memenuhi aturan baru CO2 tax juga, targetnya 15 persen.”

“Mesinnya juga baru dan kami berikan tuning performa yang lebih baik. Transmisinya juga baru. Jadi kalau membahas RWD atau FWD, kita harus lihat mobil satu kesatuan. Memberikan nilai performa, ekonomi, ramah lingkungan dan kenyaman penumpangnya,” lanjut Anton.

Toyota Avanza dijual dalam dua pilihan mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter. Varian 1,3 liter menghasilkan performa 98 PS / 6.000 rpm dan torsi puncak 12,4 kg.m / 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1,5 liter bertenaga 106 PS / 6.000 rpm dengan torsi puncak 14 kg.m / 4.200 rpm. Toyota Veloz hanya dijual dengan mesin 1,5 liter. Generasi terbaru Toyota Avanza dan Veloz kini juga tersedia dengan transmisi baru, otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

[MNR]

#toyota #All New Avanza-Veloz #All New Veloz #All New Avanza

...
Author : pekik udi irianto > 2895 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment