Berubah Jadi FWD, Ini Alasan Toyota Avanza dan Veloz Tinggalkan Sistem Penggerak Roda Belakang

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Rabu (10/11/2021) Toyota Indonesia memperkenalkan Avanza dan Veloz generasi ketiga. Tak main-main, perubahannya radikal. Berdiri di atas struktur rangka yang benar-benar baru (platform global TNGA), Toyota Avanza dan Veloz menjelma menjadi sosok yang lebih besar, modern dan sporty. Tetapi yang paling menarik perhatian, Toyota memutuskan memilih sistem penggerak roda depan untuk Avanza dan Veloz terbaru.

Ya, karena inilah yang menjadi salah satu keunggulan yang ditonjolkan Toyota Avanza selama ini. Pasalnya, mayoritas model di kelas Low MPV (Multi Purpose Vehicle) memilih penggerak roda depan. Misalnya, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan Nissan Livina.

Selama ini sistem penggerak roda belakang Toyota diunggulkan lantaran menawarkan traksi roda belakang yang maksimal sehingga cocok untuk digunakan di wilayah Nusantara dengan kontur jalanan yang beragam. Kini pada generasi ketiganya, mobil terlaris di Indonesia yang sudah terjual lebih dari 1,8 juta ini justru melakukan pergantian jenis penggeraknya.

Menanggapi hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam jumpa pers virtual kemarin (10/11) mengatakan, “Jadi masing-masing RWD dan FWD adalah baik, punya plus minus masing-masing, yang terbaru ini mempertimbangkan tidak hanya FWD atau RWD, banyak pertimbangan. Misalnya infrastruktur di Indonesia lebih baik kondisi jalanannya saat ini. Ini platform baru tujuannya pasti lebih ringan bobotnya, lebih ekonomis, irit dan memenuhi aturan baru CO2 tax juga, targetnya 15 persen.”

“Mesinnya juga baru dan kami berikan tuning performa yang lebih baik. Transmisinya juga baru. Jadi kalau membahas RWD atau FWD, kita harus lihat mobil satu kesatuan. Memberikan nilai performa, ekonomi, ramah lingkungan dan kenyaman penumpangnya,” lanjut Anton.

Toyota Avanza dijual dalam dua pilihan mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter. Varian 1,3 liter menghasilkan performa 98 PS / 6.000 rpm dan torsi puncak 12,4 kg.m / 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1,5 liter bertenaga 106 PS / 6.000 rpm dengan torsi puncak 14 kg.m / 4.200 rpm. Toyota Veloz hanya dijual dengan mesin 1,5 liter. Generasi terbaru Toyota Avanza dan Veloz kini juga tersedia dengan transmisi baru, otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

[MNR]

About pekik udi irianto 1678 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present