BMW 320i Touring M Sport dan BMW 330i M Sport Resmi Mengaspal di Indonesia

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – BMW Indonesia meluncurkan BMW 320i Touring M Sport dan BMW 330i M Sport dengan ragam upgrade kelengkapan, teknologi terkini dan fitur terbaru secara virtual (18/8).

Kedua varian pada model kendaraan paling legendaris dari BMW ini kini hadir semakin ciamik, seperti pelek ring 19” model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished dan ukuran ban yang berbeda di depan dan belakang.

Sistem audio Harman Kardon surround sound dengan 16 speakers, berkekuatan 464 W amplifier, dan 9 channels, hingga aplikasi automatic tailgate yang tergabung dengan Comfort Access 2.0 yang telah dilengkapi dengan masuk mobil tanpa menekan tombol, membuka bagasi tanpa sentuhan, atau spion yang melipat otomatis saat meninggalkan mobil. Seluruh kelengkapan tersebut juga diikuti dengan penambahan fitur terkini yang akan memperkuat posisi BMW Seri 3 di segmen sedan mewah midsize di Tanah Air.

“Satu tahun lalu, BMW secara resmi untuk pertama kalinya di Indonesia meluncurkan model body Touring untuk BMW Seri 3 dan diikuti dengan animo yang sangat tinggi dari para fans dan pelanggan BMW di Indonesia. Oleh karenanya, pada tahun ini kami kembali meluncurkan model body Touring bersamaan dengan profil terbaru dari varian Sedan, membuat keduanya menjadi pilihan terbaru di segmen sedan mewah midsize di Indonesia. Tahun ini BMW 320i Touring M Sport hadir dengan perubahan eksterior profile yang lebih modern dan sporty, interior BMW M interior trim finishers ‘Carbon Fibre’, dan teknologi baru berupa Remote Engine Start dan Parking Assistant Plus. Sedangkan untuk BMW 330i M Sport hadir dengan velg 19” – sebelumnya 18”, automatic tailgate of operation, dan sistem audio Harman Kardon surround sound,” terang Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

Varian pertama dari All-New BMW Seri 3 yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2019 adalah BMW 330i M Sport dan tahun ini varian tersebut mendapatkan update yang membuatnya semakin relevan untuk menjadi yang terbaik di segmen midsize sedan.

Menawarkan banyak teknologi baru, mesin 2.0 liter, empat-silinder ini menghasilkan output maksimum 258 hp, sementara torsi puncak adalah 400 Nm. Sistem High Precision Injection memastikan pengukuran bahan bakar yang presisi dan pembakaran yang bersih, pompa bahan bakar yang baru menghasilkan tekanan maksimum 350 bar. Yang dimana dapat melesatkan mobil ini dibawah 6 detik saja, tepatnya 5.8 detik untuk 0-100 km/h.

Adapun pada profile terbaru BMW 330i M Sport ini juga dilengkapi dengan pelek yang kini menggunakan ring 19” dari yang sebelumnya ring 18”. Dengan pelek aloi-ringan 19” model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished dan ukuran ban 225/40 R19 – 255/35 R19. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang berwarna biru ini diembos dengan logo BMW M, semakin memperkuat kesan subtle dan sporty.

BMW 330i M Sport juga telah dilengkapi dengan opsi automatic tailgate yang tergabung dalam Comfort Access 2.0 memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan. Di bagian sistem audio, varian ini kini telah dilengkapi dengan sistem audio surround Harman Kardon dengan 16 speakers, berkekuatan 464 W amplifier, dan 9 channels.

Sedangkan BMW Seri 3 Touring hadir dengan desain dinamis, peningkatan kenikmatan berkendara yang signifikan, dan fungsionalitas kendaraan serba bisa. Generasi terbaru dari model lima pintu yang sporty ini gabungkan atribut inti dari BMW Seri 3 Sedan dengan tata ruang interior lapang, prakstis dan fleksibel. 

Proporsi istimewa dan bahasa desain yang didefinisikan oleh garis-garis tajam dan permukaan yang sangat berkontur pastikan eksterior THE 3 Touring tampil dinamis dan maskulin. Dimensi eksteriornya meningkat 76 mm, dibandingkan dengan pendahulunya, menjadi 4.709 mm, lebih lebar 16 mm menjadi 1.827 mm, dan penambahan tinggi 8 mm menjadi 1.470 mm. Jarak sumbu roda lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm dan tracks lebar berkontribusi pada pengendalian yang sporty dan lincah. 

Secara keseluruhan, sisi samping dari all-new BMW 320i Touring M Sport kini hadir dengan pelek aloi-ringan 19” model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished dan ukuran ban 225/40 R19 – 255/35 R19. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang kini berwarna merah ini diembos dengan logo BMW M, semakin memperkuat kesan sporty dan tentunya lebih eye-catching.

Desain kokpit yang berfokus pada pengemudi, Control Display dan instrument cluster dengan tampilan terbaru, dan alat pengontrol yang terkonsentrasi pada beberapa panel fungsi, membawa aura sporty ke interior THE 3 Touring. Spesifikasi standar termasuk roda kemudi leather BMW M Sport yang baru dirancang dengan tombol multifungsi, jahitan kontras Alcantara/Sensatec – Black  berkombinasi Hitam – Biru dengan embellisher galvanis untuk panel control dan beberapa tombol. Pada saat yang sama, panel instrumen pada BMW 320i Touring M Sport tahun ini dilengkapi dengan M interior trim finishers ‘Carbon Fibre’.  

THE 3 Touring hadir sebagai standar dengan operasi tailgate otomatis. Opsi Comfort Access 2.0 memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan. Jendela belakang dapat dibuka secara terpisah – sebuah fitur yang biasa bagi pelanggan BMW dan aperturnya lebih lebar 20 mm dibandingkan model sebelumnya.

Memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah, berkat lebar kompartemen yang bertambah 112 mm, serta derajat buka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 mm lebih lebar di bagian atasnya. Dan selayaknya sebuah Touring yang practical, mobil ini juga dilengkapi dengan anti-slip rail yang bekerja secara otomatis, dimana anti-slip rail akan mendeteksi ketika ada barang diatasnya dan secara otomatis akan naik dan menahan barang tersebut ketika berkendara ataupun dalam keadaan parkir yang curam. Tak hanya itu, kelengkapan seperti cargo net juga menjadi opsi standar untuk memperkuat kesan Touring-nya, dimana cargo net ini dapat digunakan dalam keadaan jok belakang full terlipat ataupun tidak terlipat.

BMW Operating System 7.0 yang baru memainkan peran utama dalam mengoptimalkan sistem kontrol dan display dengan fungsi digital modern yang disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. BMW Live Cockpit Professional terdiri dari display yang dirancang secara konsisten, sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan pada cluster instrumen 12.3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10.25 inci. Untuk pengoperasian yang intuitif, pengemudi dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat (Gesture Control).

Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara “Hey BMW”. Ia adalah co-driver yang ideal dan sangat berguna selama berkendara sehari-hari dengan menanggapi perintah suara untuk membantu pengemudi dengan berbagai tugas, seperti menangani hiburan onboard yang disediakan oleh sistem suara surround Harman Kardon. All-new BMW 320i Touring M Sport ini juga dilengkapi dengan Apple CarPlay nirkabel yang meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, terutama dalam perjalanan panjang.

The BMW 320i Touring M Sport tersedia dalam jumlah terbatas dengan harga Rp. 1.329.000.000,- off-the-road. The BMW 330i M Sport dibanderol Rp. 1.009.000.000,- off-the-road. 

Termasuk di dalamnya BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

[MNR]

About pekik udi irianto 1632 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present