BMW Indonesia Luncurkan BMW iX xDrive50 Sport dan BMW iX1 eDrive20 M Sport

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – BMW Indonesia kembali menghadirkan 2 kendaraan model terbarunya, yakni BMW iX xDrive50 Sport dan BMW iX1 eDrive20 M Sport. Acara peluncuran ini berlangsung di Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan (2/2/2024).

“BMW iX xDrive50 Sport dibangun berdasarkan kesuksesan BMW iX xDrive40, menawarkan berbagai peningkatan fitur. Jangkauan dari iX xDrive50 Sport dapat mencapai 630 km, teknologi canggih dari BMW Connected Drive, sensasi berkendara nyaman dengan Adaptive Air Suspension, dan beragam fitur mewah lainnya. Dirancang untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga, efisien, dan mewah, BMW iX xDrive50 Sport tetapkan tolak ukur baru di segmen kendaraan listrik,” ungkap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

BMW iX1 eDrive20 M Sport

Varian full-listrik kini ditambahkan sebagai varian baru BMW X1. BMW secara konsisten perluas portofolionya di rangkaian kendaraan full-listrik lainnya dari Sports Activity Vehicle (SAV) baru di segmen kompak premium.

BMW iX1 eDrive20 M Sport memungkinkan sebuah kendaraan listrik premium dengan daya tarik tetapi tetap sekaligus ekonomis. Hadir dalam satu varian model di Indonesia, BMW iX1 eDrive20 M Sport ditenagai oleh motor listrik dengan output maksimum 150 kW/204 hp (dengan peningkatan sementara) dan memiliki jangkauan 474 kilometer (WLTP).

Penggerak listrik yang sangat efisien, teknologi pengisian daya tercanggih, jangkauan luar biasa

Seperti pada semua kendaraan listrik BMW saat ini, BMW iX1 eDrive20 M Sport juga menggunakan teknologi BMW eDrive generasi kelima. Unit penggerak yang sangat terintegrasi pada gandar depan model entry-level baru menghasilkan torsi maksimum yang tersedia secara instan sebesar 250 Nm. SAV kompak full-listrik ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 8,6 detik.

Baterai tegangan tinggi yang ditempatkan di lantai kendaraan untuk menghemat ruang, memiliki kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 64,78 kWh. Kepadatan energinya yang tinggi, bersama dengan efisiensi motor elektrik, berkontribusi pada konsumsi daya mobil yang menguntungkan dan memberikan jangkauan yang sangat baik dibandingkan kompetitor.

Unit Pengisian Gabungan pada BMW iX1 eDrive20 M Sport memungkinkan pengisian daya AC hingga 22 kW sebagai standar. Hal ini memungkinkan baterai bertegangan tinggi diisi dari nol hingga 100 persen dari kapasitasnya dalam waktu 6,5 jam. Status pengisian baterai dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80% dalam waktu 29 menit di stasiun pengisian cepat.

Waktu pengisian daya yang singkat antara lain disebabkan oleh perangkat lunak pengisian daya yang sangat efisien. Daya pengisian daya dapat dikontrol secara spesifik saat energi dialirkan. Selain itu, manajemen termal antisipatif memastikan bahwa suhu baterai bertegangan tinggi dikontrol secara optimal pada waktu yang tepat sebelum singgah di stasiun pengisian cepat.

Saat sistem navigasi aktif, baterai secara otomatis dipra-kondisikan sebelum pengisian daya direncanakan dihentikan. Pra-pengkondisian baterai dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual oleh pelanggan kapan saja.

Pengoperasian tingkat lanjut berkat BMW iDrive baru dengan “QuickSelect”

BMW iX1 eDrive20 M Sport menawarkan rangkaian perlengkapan standar yang lengkap, termasuk sistem navigasi BMW Maps, AC otomatis 2 zona, berbagai sistem bantuan pengemudi modern, Parking Assistant termasuk Reversing Assist Camera dan berbagai layanan digital inovatif.

BMW iDrive baru dengan “QuickSelect” dan Sistem Operasi BMW 9 baru juga merupakan perlengkapan standar.

Hal ini memungkinkan konten digital yang lebih luas untuk informasi dan hiburan, siklus pembaruan yang lebih cepat untuk fungsi over-the-air serta akses yang dioptimalkan ke banyak layanan online tertentu seperti aplikasi pihak ketiga, layanan navigasi dan parkir yang diperluas, serta kemungkinan tambahan untuk personalisasi, misalnya melalui My Modes lebih lanjut.

Dengan cara ini, Sistem Operasi BMW 9 juga menciptakan kondisi bagi pelanggan untuk menyesuaikan sistem hingga tingkat tinggi dengan layanan digital tambahan, yang tersedia dalam penawaran BMW Digital Premium baru.

BMW Curved Display adalah jantung dari tampilan dan sistem kontrol. Ini terdiri dari Tampilan Informasi 10,25 inci dan Tampilan Kontrol dengan diagonal layar 10,7 inci di bawah permukaan kaca umum yang melengkung ke arah pengemudi. BMW iDrive generasi terbaru dilengkapi layar start yang didesain ulang dengan “QuickSelect”.

Artinya sistem telah menerima struktur menu yang ditingkatkan, berorientasi pada perangkat dari sektor elektronik konsumen. “QuickSelect” memungkinkan berbagai fungsi diakses secara langsung tanpa harus beralih ke submenu. Ini berarti bahwa BMW iDrive baru bahkan lebih konsisten diarahkan pada pengoperasian sentuh yang intuitif dan kontrol melalui bahasa alami.

Desain

Desain permukaan, garis, dan detail aksen eksterior BMW iX1 tampilkan identitas Sports Activity Vehicle-nya dengan lebih jelas. Fitur desain yang khas termasuk proporsi yang kuat, kontur lengkungan roda yang hampir persegi dan gaya khas model BMW X di ujung depan dan belakang.

Ujung depan yang tegas sama dengan BMW X1 terbaru memberikan visual yang tampak jauh lebih besar, didukung dengan lampu depan LED ramping, BMW kidney grille berukuran besar dalam bentuk yang ‘hampir‘ persegi, garis-garis berbentuk X ke samping dan chrome strips yang eye-catching di lower air intake semuanya tegaskan desain terbaru ini.

BMW iX1 eDrive20 M Sport hadir sebagai standar dengan velg ringan 19 inci Double–spoke style 871 M Bicolour. Adapun untuk tekankan ciri khas kendaraan full-listrik BMW, BMW iX1 eDrive20 M Sport juga dilengkapi dengan aksen BMW i Blue.

Interior

Posisi duduk yang ditinggikan dan suasana premium progresif yang dicontohkan oleh BMW iX menciptakan pengalaman berkendara yang khas di dalam SAV kompak. Elemen kunci dari kabin yang di-desain ulang adalah panel instrumen yang ramping, BMW Curved Display, sandaran tangan “floating” dengan panel kontrol terintegrasi dan smartphone tray dan penerangan tidak langsung di depan konsol tengah.

Seats yang baru dikembangkan tersedia pada upholstery Sensatec perforated sebagai standar. Peningkatan dibuat untuk kenyamanan akustik dan perlindungan penumpang. Konsep keamanan pasif terintegrasi kini telah mencakup interaksi baru airbag di antara jok depan.

Kompartemen belakang BMW iX1 mencakup tiga full-sized seats menawarkan peningkatan luar biasa dalam kenyamanan tempat duduk. Jok belakang yang terbagi dalam 40: 20: 40 split bisa dilipat atau disesuaikan sudutnya untuk memperluas kapasitas bagasi. Kapasitas bagasi iX1 dari 490 liter dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.495 liter. 

Karakter premium semakin ditingkatkan lagi dengan panorama glass roof dan HiFi loudspeaker system Harman Kardon.

Beragam variasi sistem untuk mengemudi dan parkir

Kemajuan teknologi yang dibuat pada BMW iX1 tampak jelas pada variasi yang jauh lebih banyak di sistem mengemudi dan parkir otomatis yang kini tersedia untuk digunakan. Driving Assistant memiliki fitur Radar­based driver assistance system consis terdiri dari  Lane Change Warning, rear crossing traffic warning with brake intervention, exit warning, Rear Collision Prevention, serta Driving Assistant Plus preparation.

Parking Assistant kini termasuk Camera and ultrasound­-based driver assistance system terdiri dari Park Assist, Active Park Distance Control, Reversing Assistant, Lateral Parking Aid dan Reversing Assist Camera.

BMW iX xDrive50 Sport

BMW iX adalah Sport Activity Vehicle modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman, luas dan kemewahan minimalis. BMW tetapkan standar tinggi untuk keberlanjutan dimulai dari konsep kendaraan, pemilihan bahan, ekstraksi bahan baku, dan produksi BMW iX. Setelah meluncurkan varian pertama BMW iX di Indonesia pada 2022, yaitu BMW iX xDrive40 yang memiliki output lebih dari 326 hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

Kini BMW Indonesia meluncurkan BMW iX xDrive50 Sport dengan output 385 kW/523 hp sehingga kendaraan ini mampu mencapai 0 hingga 100km/jam di bawah 5 detik, tepatnya 4,6 detik.

Penggunaan bahan daur ulang, ramah lingkungan dan energi terbarukan

BMW Group mendapatkan kobalt dan lithium yang dibutuhkan untuk baterai tegangan tinggi dari sumber yang terpercaya di Australia dan Maroko, sebelum memasoknya ke produsen sel baterai. Seperti dalam produksi kendaraan secara keseluruhan di BMW Group Plant Dingolfing, sel baterai diproduksi menggunakan tenaga hijau eksklusif dari sumber bersertifikat. Dan sejak Februari 2021 perusahaan telah membeli aluminium yang diproduksi menggunakan listrik dari pembangkit energi surya.

Pentingnya konservasi sumber daya dalam produksi BMW iX diperjelas dengan tingginya proporsi aluminium sekunder dan plastik daur ulang yang digunakan. Interior kendaraan menggunakan kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC), dan bahan alami lainnya. Di antara bahan baku yang digunakan untuk floor cover dan mat adalah daur ulang jaring ikan.

Motor listrik: meningkatkan dinamisme, mengurangi penggunaan bahan baku langka

Selain itu, motor listrik untuk BMW iX hadir dengan desain yang memungkinkan menghindari penggunaan bahan langka. Mereka bekerja sesuai dengan prinsip motor sinkron eksitasi arus. Eksitasi rotor di motor BMW iX tidak diinduksi oleh magnet permanen tetap, tetapi melalui energi listrik.

Ini menghilangkan kebutuhan akan bahan penting yang digunakan untuk memproduksi magnet, oleh karena itu BMW Group tidak bergantung pada ketersediaannya.

Desain khusus ini juga memiliki efek positif pada karakteristik performa motor. Eksitasi rotor yang dikontrol secara presisi dengan menggunakan tenaga listrik memungkinkan torsi puncak untuk di tekan secara penuh segera saat ditarik.

Dan tidak seperti motor listrik dengan desain konvensional – torsi tersebut dipertahankan pada pita putaran yang sangat lebar. Ciri khas dari pengalaman berkendara di atas BMW iX adalah tarikan tenaga seketika dan konsisten, tunjukkan keunggulan sporty khas BMW.

Sistem penggerak yang efisien dan teknologi baterai terbaru meningkatkan jangkauan

Motor listrik, transmisi, dan elektronika daya BMW iX hadir bersama sebagai paket yang sangat terintegrasi dalam satu atap. Konstruksi kompak ini menguntungkan efisiensi sistem penggerak. Selain didorong oleh aerodinamis yang dioptimalkan dan desain ringan yang cerdas, BMW iX hasilkan efisiensi yang menonjol untuk segmennya. Konsumsi daya listrik BMW iX xDrive50 Sport rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 21 kWh per 100 kilometer.

Seperti motor listrik, elektronika daya, dan teknologi pengisian daya untuk BMW iX, baterai tegangan tinggi juga merupakan produk dari teknologi BMW eDrive generasi kelima. Diposisikan di bawah lantai kendaraan sebagai komponen integral dari bodi. Kepadatan energi gravimetri baterai lithium-ion telah meningkat sekitar 20% dibandingkan baterai generasi sebelumnya.

Sel baterai diproduksi sesuai dengan spesifikasi yang tepat dari BMW Group dan diintegrasikan ke dalam baterai tegangan tinggi model khusus. Oleh karena itu, unit baterai BMW iX xDrive50 Sport memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 100 kWh hasilkan jangkauan yang dihitung WLTP hingga 630 kilometer*.

Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi. BMW iX xDrive50 Sport dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti mengisi daya selama 10 menit dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 120 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 10% ke 80% di bawah 40 menit.

Harga

Untuk harganya, BMW iX xDrive50 Sport dan BMW iX1 eDrive20 M Sport masing-masing dibanderol Rp 2.627.000.000,- dan Rp. 1.447.000.000,-. Keduanya harga (off-the-road).

Kendaraan ini hadir dengan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 6 tahun dan juga mencakup garansi 5 tahun tanpa batasan jarak tempuh.

Garansi baterai kendaraan selama 8  tahun atau 160,000 km mana yang lebih dulu. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun.

Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes.

Semua kendaraan BMW juga dilengkapi dengan BMW Roadside Assistance Services gratis selama 3 tahun dan dapat diakses melalui Call Center 24/7 (0 800 1 269 269 atau 021 50880206).

[MNR]

About pekik udi irianto 2461 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present