BMW Luncurkan Mobil Sport M4 Competition Convertible M xDrive

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – BMW Indonesia bareng BMW Eurokars hari ini (23/6/2023) meluncurkan varian kendaraan performa tinggi dari BMW, yaitu BMW M4 Competition Convertible M xDrive. Peluncuran model terbaru dari BMW M GmbH ini akan memperkuat posisi BMW sebagai kendaraan sports terbaik di Indonesia.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan, “Sambutan yang sangat luar biasa telah diterima oleh dua model performa tinggi yang diluncurkan sebelumnya, yaitu BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition. Kini, BMW M4 Competition Convertible M xDrive siap untuk turut bergabung ke dalam kesuksesan yang sama.”

“BMW M4 Competition Convertible M xDrive dilengkapi dengan mesin 6-silinder segaris dengan Teknologi BMW M TwinPower Turbo dengan performa mesin fantastis hingga 510 hp dan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi BMW M Steptronic delapan- percepatan dengan Drivelogic dan serangkaian teknologi inovatif yang dikembangan BMW M GmbH di lintasan balap sebenarnya,” imbuh Jodie.

BMW M4 Competition Convertible M xDrive berikan kesenangan berkendara eksklusif dan terinspirasi dari karakteristik balap. Atap softtop dengan panel baru sangat cocok dengan bentuk bodi yang tajam untuk menghasilkan tampilan estetika dengan desain emosional.

Mekanisme penggerak elektrik softtop memungkinkannya dibuka atau ditutup saat bergerak dengan satu sentuhan tombol. Prosesnya hanya memakan waktu 18 detik. Saat dikendarai dengan top down, bagasi bisa menampung 300 liter. Dan ketika atap ditutup, kapasitas meningkat hingga 385 liter.

Mesin yang menggerakkan sports cars performa tinggi ini padukan karakteristik high-revving khas BMW M dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo terbaru. Hasilnya adalah titik tertinggi baru untuk mesin enam silinder segaris dari BMW dalam hal output dan torsi.

Dua turbocharger dengan sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, sistem asupan udara yang mengoptimalkan aliran udara, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar membantu menghasilkan tenaga instan dan siap untuk putaran tinggi, tanpa interupsi untuk mencapai kecepatan tertingginya.

Mesin yang menggerakkan BMW M4 Competition Convertible M xDrive hasilkan torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm. Output maksimum 510 hp tersedia pada 5.510 rpm dengan red-line di 7.200 rpm. Karakteristik mesin tersebut memberikan pengalaman berkendara yang sangat mengesankan.

BMW BMW M4 Competition Convertible M xDrive hanya membutuhkan 3,7 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam. Semakin istimewa dengan sistem exhaust yang dilengkapi electronic-flaps memberikan soundtrack yang kaya secara emosional apalagi ketika atap softtop sedang dibuka.

Sistem all-wheel-drive M xDrive sebagai standar di BMW M4 Competition Convertible M xDrive menggunakan sistem elektronik kopling multi-pelat yang dikontrol dalam kotak transfer untuk memastikan variabel penuh dan distribusi tenaga mesin yang super halus di antara bagian depan dan roda belakang. Bias roda belakangnya menambah kesan khas M, meningkatkan traksi dan kelincahan.

Multi-pelat pasokan oli kopling telah dioptimalkan untuk memungkinkan kinerja all-wheeldrive yang berkelanjutan bahkan dalam berkendara di jalur yang sulit. M xDrive bekerja sama dengan Active M Differential di rear axle.

Menu Setup memungkinkan pengemudi untuk mengubah pengaturan 4WD default menjadi Mode 4WD Sport, yang mengarahkan proporsi penggerak mesin yang lebih besar ke roda belakang. Pengemudi juga dapat mematikan sistem DSC sama sekali

dan aktifkan mode 2WD. Dalam pengaturan ini, daya hanya disalurkan ke roda belakang dan tidak ada intervensi dari kontrol sasis sistem untuk menstabilkan kendaraan.

Hadir dengan transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic, hadir dengan rasio gigi yang dikembangkan bersamaan dengan karakteristik mesin, memungkinkan perpindahan yang agresif dan presisi, namun tetap nyaman dalam penggunaan sehari-hari.

Rigiditas torsional yang sangat tinggi pada bodi dan sasis adalah faktor kunci dalam menghadirkan kombinasi dinamisme, kelincahan, dan presisi yang menjadi ciri khas kendaraan BMW M. Paket bracing yang dikembangkan khusus untuk kompartemen mesin, subframe as-roda depan, under-floor bracing di bawah, dan pada subframe as-roda belakang dengan sambungan langsung ke bodi, semuanya berperan dalam pengendalian mobil yang dapat dikontrol secara presisi bahkan pada akselerasi ekstrim. Dan fitur tambahan model-spesifik untuk konversi juga telah disertakan – dalam bentuk paket penyangga torsi di bagian belakang bodi.

Adaptive BMW M-suspension dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik dan BMW M-specific kinematics dan elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang adalah fitur standar BMW M4 Competition Convertible M xDrive.

Velg forged BMW M light-alloy diameter 19 inci di depan dan 20 inci di belakang dihadirkan sebagai standar. Model ini juga memiliki kemudi BMW M Servotronic dengan rasio variabel dan versi BMW M-specific yang terintegrasi dengan sistem pengereman, menghadirkan 2 impresi respon rem dan pedal feel yang berbeda. Adanya sistem pembatasan slip roda yang terintegrasi memungkinkan sistem DSC bekerja dengan presisi yang ditingkatkan. Juga, adanya BMW M Dynamic Mode membuka pintu ke pengalaman berkendara yang sangat sporty, lengkap dengan kemampuan drifting yang terkontrol.

Lampu depan LED Adaptif menjadi standar pada BMW M4 Competition Convertible M xDrive. Delapan pilihan warna tersedia untuk cat eksterior yang baru BMW M4 Competition Convertible M xDrive, termasuk eksklusif M Sao Paulo Yellow non-metallic, M Toronto Red metallic, M Portimao Blue metallic, M Brooklyn Grey metallic dan M Isle of Man Green metallic.

M Carbon bucket seats yang hadir dengan desain yang sangat menarik dan bobot yang lebih ringan 10 kg dari M sport seats. Jok ini merupakan bucket seats yang di desain untuk penggunaan di arena balap dengan desain yang mendukung penggunaan 6-point seatbelts.

Selain itu, BMW M4 Competition Convertible M xDrive juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi tak hanya bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift.

Serangkaian fitur-fitur terbaru pada daftar perlengkapan standar dan opsional dari BMW tersedia sebagai standar di BMW M4 Competition Convertible M xDrive, meningkatkan standar lebih jauh tidak hanya dalam hal teknologi sports car, tetapi juga kenyamanan dan fungsionalitas. Sistem driving-assistance mutakhir meringankan beban kerja pengemudi secara monoton atau situasi yang tidak menentu di jalan.

Parking Assistant Plus termasuk Surround View system, parking assistant, active PDC, reversing assistant dan lateral parking aid. Driving Assistant termasuk Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan Front Collision Warning with brake intervention, crossing traffic warning rear, rear collision prevention.

Selain itu kontrol iklim 3-zone climate control, pencahayaan interior LED termasuk ambient lighting, dan Harman Kardon surround sound system,12 speakers, 408 W amplifier output meningkatkan kenyamanan dalam berkendara sehari-hari dan dalam perjalanan yang lebih jauh.

BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant – juga hadir sebagai standar di BMW M4 Competition Convertible M xDrive. Dan integrasi smartphone nirkabel yang diperbarui memungkinkan penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto melalui sistem operasi mobil.

BMW BMW M4 Competition Convertible M xDrive dibanderol Rp. 2.607.000.000, – (off-the-road). Kendaraan eksklusif ini hadir dengan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup BMW Extended Warranty selama 5 tahun tanpa batasan jarak tempuh.

Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

[GLG]

About Gilang Budiman 993 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website