BMW X3 M dan BMW X4 M Competition: dari 0-100 Km/jam Hanya Butuh Waktu 3,7 Detik

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – BMW Indonesia baru saja meluncurkan kendaraan performa tinggi di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC), yaitu New BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competetion (7/7/2022).

Eksterior

Pada bagian depan, BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini hadir dengan kidnet grille yang diperbesar dengan kerangka one-piece dan lampu depan yang sekarang sekitar sepuluh mm lebih rata, sama seperti BMW X3 terbaru.

iCam kini diposisikan pada bar hitam, memberikan pemisahan visual dari kidney grille BMW dalam warna hitam mengilap, selayaknya M double kidney bars yang khas. Radiator grille juga dilengkapi logo khusus spesifik model: X3 M atau X4 M. Selain lampu depan LED adaptif standar dengan fungsi Matrix, BMW Laser Light dengan jangkauan hingga 650 meter kini juga tersedia sebagai tambahan opsional.

BMW M GmbH juga telah merancang front apron khusus M menjadi lebih ekspresif. Salah satu fitur yang sangat mencolok adalah air intake samping yang baru, diatur secara vertikal dan memanjang: miring ke bawah menuju spoiler di tikungan ke arah tengah kendaraan, di mana mereka mengikuti bentuk heksagonal dari central air intake.

Dibingkai oleh elemen trim dalam warna high-gloss black, yang juga digunakan untuk mirror caps M yang dioptimalkan secara aerodinamis dan M gills yang khas yang terintegrasi dalam ventilasi udara, serta spoiler belakang pada BMW X4 M Competition.

BMW X3 M Competition memiliki lampu belakang LED‑ seperti BMW X3 yang diperbarui dengan surround hitam dan grafik iluminasi yang lebih sempit. Bagian bawah apron belakang adalah khusus M dan dalam balutan warna black high gloss.

Diffuser besar diapit di kanan dan kiri oleh sepasang knalpot dari sistem knalpot sport M, finishing krom hitam. Apron belakang baru BMW X4 M Competition menampilkan sisipan offset yang lebar dalam bentuk landasan. Seperti panel udara‑tirai‑lateral, yang juga mengakomodasi reflektor vertikal sekarang, finishing black high gloss juga, memastikan kesan keseluruhan yang sangat kuat.

Dua pasang tailpipes di krom hitam juga membingkai diffuser pada BMW X4 M Competition. Selain M Carbon Black metallic dan M Brooklyn Grey metallic, ada dua cat baru yang dihadirkan khusus untuk model M Competition seri X3 dan X4, yaitu M Marina Bay Blue metallic dan M Sao Paulo Yellow.

Interior

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition hadirkan sport seats dengan sandaran kepala yang dapat diatur secara elektrik dan logo M yang menyala sebagai standar. Pelapis Merino yang diperluas dalam empat kombinasi warna. Ventilasi udara memiliki trim galvanis baru, trim interior sekarang diberikan finishing dalam aluminium Rhombicle gelap sebagai standar. Setir kemudi kulit M dengan fitur multifungsi jahitan kontras dalam warna BMW M.

Masuk kedalam, jok sports yang dapat disetel secara elektrik, dibalut oleh Extended Merino leather, kokpit khusus BMW M, M Interior trim finishers ‘Carbon Fibre’, BMW M leather steering wheel, dan gearshift BMW M menciptakan suasana sporty dan mewah.

Aura interior diperkuat lagi oleh jok BMW M Sport dengan pelapis leather Merino, sill pintu model-spesifik, dan papan khusus M di konsol tengah – bukan spesifik model lagi.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan BMW Live Cockpit Professional sebagai standar. Jaringan cerdas termasuk layanan digital inovatif berdasarkan BMW Operating System 7 – seperti BMW Intelligent Personal Assistant– memungkinkan interaksi yang intens antara pengemudi dan kendaraan.

Control Display 12,3 inci yang kini dipasang sebagai standar. Tampilan antar-muka baru, pengendalian dengan suara (Voice Command) dan gerakan tangan (Gesture Control) membantu pengendara dalam mengoperasikan fungsi kendaraan.

Tampilan instrumen sepenuhnya digital menawarkan, antara lain, M View dengan tampilan khusus yang diadopsi dari model BMW M8.

BMW Operating System 7 ditambahkan ke spesifikasi standar, membuka banyak potensi untuk aplikasi baru serta opsi konektivitas yang lebih seamless seperti wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition hadir sebagai standar dengan jok M Sport dengan pelapis leather Merino yang dapat dipilih dalam varian Black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange.

Semua model dilengkapi dengan bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar. Desain kokpit BMW M-style yang istimewa juga terdiri dari kluster instrumen khusus BMW M, kemudi leather BMW M, dan tuas selektor BMW M dengan gaya baru, membuat keseluruhan kontrol kendaraan difokuskan pada konsol tengah dan juga layer.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition membawa sentuhan eksklusif lebih lanjut ke interior dengan jok M Sport bucket-style serta papan M di konsol tengah. Walaupun interiornya tampak sangat terfokus pada pengalaman berkendara yang sporty, tapi versatilitas yang diasosiasikan dengan semua model BMW X tetap dipertahankan.

Kedua model hadir sebagai standar dengan sandaran punggung bagian belakang pisah-lipat 40: 20: 40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M dan 1.430 liter di BMW X4 M.

Hadir sebagai standar dalam BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition adalah seat cushion dan sandaran samping dengan desain khusus M. Dengan ini, jok memiliki karakter bucket-seat yang khas, sehingga mengoptimalkan dukungan lateral saat menikung tajam. Rentang fungsi penyesuaian yang diperluas menyediakan posisi tempat duduk yang sempurna dan kenyamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Penyesuaian manual untuk panjangnya bantal jok serta penyetelan untuk penyangga lumbar pneumatik juga tersedia di samping fungsi jok sports. Pengekangan kepala semi-terintegrasi dapat diatur secara elektris ketinggiannya dan membuat pernyataan visual yang unik dengan logo M yang menyala.

Suasana interior sporty dan mewah BMW X3 M dan BMW X4 M Competition dapat ditingkatkan dengan berbagai tambahan opsional untuk memberikan kenyamanan dan individualitas yang lebih besar. Kontrol iklim otomatis tiga zona standar dan fungsionalitas opsi Comfort Access mencakup pembukaan dan penutupan tailgate bebas-tangan. Operasi tailgate otomatis tersebut dengan satu sentuhan tombol adalah standar untuk BMW X3 M dan BMW X4 M Competition.

Penambahan fitur teknologi terbaru untuk BMW X3 M dan BMW X4M meliputi Remote Engine Start, 8-speed M Steptronic, gearshift paddle switches on the steering wheel, M sport exhaust system, M Compound brake, black high-gloss, M sport differential, M suspension, M Servotronic, M carbon precision strut.

Di antara opsi lain yang menawarkan tingkat kenyamanan luar biasa adalah atap kaca panoramic, jendela yang dilengkapi roller sunblind dan juga sun protection glazing. BMW X3 M dan BMW X4 M hadir sebagai standar dengan lampu depan LED Adaptif dengan distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.

Penerangan interior atmosferik disediakan oleh pencahayaan ambient standar, yang menawarkan enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.

Dapur Pacu

Mesin 6 silinder in-line di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan crankshaft ringan yang ditempa dari model BMW M3 dan M4. Desainnya yang sangat tahan torsi memungkinkan transmisi torsi yang sangat tinggi, sementara bobotnya yang rendah dan massa putar yang berkurang juga menguntungkan tenaga putaran mesin.

Sistem pendingin mesin 6 silinder in-line yang telah terbukti, dirancang untuk menghasilkan tingkat output yang sangat tinggi dan mencakup dua radiator yang diposisikan secara lateral selain radiator tengah. Ada juga pendingin oli mesin tambahan dan pendingin oli transmisi terpisah.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition mempunyai output sebesar 510 hp. Mesin enam silinder in-line yang baru tingkatkan torsi puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang semula 600Nm menjadi 650 Nm.

Kedua model Competition ini dapat melesat dari 0-100 km/jam lebih cepat lagi menjadi hanya 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya. Dengan ini kemampuan mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition telah setara dengan sports car. Kecepatan puncak kedua model adalah 250 km/jam yang diatur secara elektronik.

Sistem knalpot sport BMW M standar di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition memperkaya karakteristik suara mesin mobil BMW M dengan tambahan kualitas yang sangat nyaring, terutama saat di bawah beban berat dan pada putaran mesin tinggi, sehingga memberikan suara bahkan lebih dari sentuhan balap untuk pengalaman berkendara yang sangat emosional – sambil tetap mempertahankan kepraktisan sehari-hari.

Tenaga ditransmisikan ke roda belakang melalui transmisi Steptronic M 8 percepatan dengan Drivelogic. Selain perubahan gear sepenuhnya otomatis, ini juga memungkinkan pemindahan manual dengan pemilihan posisi penggerak secara berurutan. Selain gear selector M baru di konsol tengah, paddle shift di setir juga tersedia untuk tujuan ini.

Dalam mode manual, beberapa perpindahan gear ke bawah dapat dilakukan ke gear serendah mungkin sehingga dapat memanfaatkan torsi drag engine untuk tujuan pengereman. Saat berakselerasi, tidak ada perpindahan gear paksa yang dipicu bahkan saat mesin dihidupkan

Mesin performa tinggi yang baru ini bekerja sama dengan transmisi Steptronic M delapan- percepatan dengan Drivelogic dan menggunakan sistem all-wheel-drive M xDrive baru. Sistem M xDrive memiliki bias roda belakang dan menawarkan pengemudi BMW X3 M dan BMW X4 M dua mode mengemudi AWD.

Interaksi yang dikendalikan secara terpusat antara M xDrive dan Active M Differential di gandar belakang memungkinkan sistem all-wheel-drive tersebut untuk membagi tenaga dari mesin antara keempat roda sesuai kebutuhan sehingga menghasilkan traksi, kelincahan dan stabilitas arah yang optimal.

Kombinasi dinamika dan presisi yang sudah menjadi ciri khas mobil BMW M didukung oleh elemen-elemen penguat bodi model-spesifik serta teknologi sasis canggih yang disetel secara cerdas untuk memanfaatkan tenaga mesin. Dengan tiga pengaturan yang dapat dipilih dengan satu sentuhan tombol, damper yang dikontrol secara elektronik yang khusus untuk suspensi M memungkinkan kenyamanan sehari-hari yang sangat baik dan kontak yang sangat dekat dengan jalan, dengan gerakan roda dan bodi yang rendah.

Kinematika dan elastokinematika spesifik dikembangkan khusus untuk M Suspension yang ada di kendaraan ini – dengan axle depan menggunakan double-joint spring strut dan axle belakang menggunakan suspensi five-link – menghadirkan kendali roda yang presisi dan stabilitas arah yang tepat.

Kendaraan ini juga dibangun untuk dikendalikan pada batas maksimalnya melalui sistem kontrol presisi melalui BMW M-specific steering (dengan M Servotronic dan variable-ratio) dan rem BMW M compound brakes yang kuat dengan ukuran 395mm 4 piston di depan dan 370mm single piston di belakang sehingga mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar +/- 6.5 kg. Sistem kontrol suspensi dan mode-mode berkendara BMW M xDrive, karakteristik mesin dan transmisi serta set-up steering dapat diatur dengan satu sentuhan tombol.

Sistem DSC (Dynamic Stability Control) memungkinkan putaran slip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan juga dapat dimatikan. Plus, konten yang ditampilkan di Head-Up Display dapat ditentukan melalui menu iDrive. Pengemudi dapat menyimpan dua opsi pengaturan keseluruhan – dikonfigurasikan sesuai keinginan dari parameter di atas – di menu iDrive dan memilihnya jika diperlukan, dengan menggunakan dua tombol M (M1& M2) pada roda kemudi.

BMW X3 M Competition dibanderol Rp 2.117.000.000 dan BMW X4 M Competition dibanderol Rp 2.167.000.000. Keduanya harga (Off-the-Road).

Tertarik?

[MNR]

About pekik udi irianto 2275 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present