AFTERMARKETPLUS.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan enggan ikut terlibat dalam fenomena perang harga mobil yang belakangan ramai dilakukan merek-merek asal Cina di pasar otomotif Indonesia.
Diketahui, sejumlah produsen mobil dari Negeri Tirai Bambu gencar merilis produk baru dengan beragam fitur dan harga lebih terjangkau.
Hal ini memicu persaingan harga brand mobil Cina guna mendongkrak penjualan di pasar domestik.
Deputy Managing Director SIS, Donny Saputra, menilai langkah memotong harga hanyalah salah satu strategi yang sah digunakan setiap merek, namun bukan jalan yang akan diambil Suzuki.
“Kalau dari kami sendiri, kami beranggapan bahwa kualitas produk dan layanan itu yang harus kami jaga dengan baik. Jadi sampai dengan saat ini kami tidak berencana untuk memangkas harga dari model-model kami,” ujar Donny.
Ia menjelaskan, Suzuki memilih fokus menghadirkan produk dengan value tinggi, yang berarti konsumen mendapatkan harga yang sesuai dengan manfaat dan kualitas kendaraan.
Selain itu, Suzuki juga menekankan pentingnya layanan purnajual demi menjaga kepercayaan pelanggan dalam jangka panjang.
“Kompetisi tidak hanya di pricing saja. Kompetisi ada di produk, layanan purnajual, dan lain sebagainya. Kami mencoba mendeliver produk yang value untuk customer, tidak hanya pada saat pembelian, tapi juga saat konsumen menggunakan produk tersebut,” katanya.
Donny menyebut, strategi memotong harga memang sudah ada sejak lama di industri otomotif Indonesia.
Bahkan sejak dekade 1980-an, perang harga antar merek sudah terjadi meski kini makin terlihat karena pemain di satu segmen semakin banyak.
“Kalau kita lihat sekarang, kuenya secara ukuran mengecil tetapi potongannya menjadi lebih banyak. Secara market mengecil tapi yang bermain lebih banyak,” ungkapnya.
Suzuki sendiri menegaskan akan tetap memegang prinsip menjaga kredibilitas dan durabilitas produk.
Bagi merek Jepang ini, hubungan jangka panjang dengan konsumen menjadi prioritas ketimbang sekadar mengejar penjualan lewat pemangkasan harga.
Lebih dari lima dekade hadir di Indonesia, Suzuki meyakini reputasi dan kepercayaan pelanggan terbentuk dari produk yang berkualitas dan layanan yang terjaga.
Prinsip inilah yang akan terus dijaga di tengah persaingan ketat industri otomotif, termasuk derasnya gempuran mobil listrik berharga miring dari produsen Cina.
“Kami tidak akan mengorbankan kualitas produk maupun layanan hanya untuk memangkas harga demi kepentingan jangka pendek,” pungkas Donny.
#PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) #Suzuki FRONX

Author : pekik udi irianto > 2896 Articles
Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.
List Comment
No Comment