BYD Tegaskan Atto 1 Bukan 'LCGC EV', Fokus ke Segmen City Car

pekik udi irianto | 17 Aug 2025

Full Width Image
Atto 1 Cocok Buat Dipakai Harian

AFTERMARKETPLUS.id - BYD resmi menghadirkan Atto 1 di Indonesia dengan menyasar segmen city car di kalangan anak muda atau yang berjiwa muda.

Mobil listrik ini disebut cocok untuk kebutuhan penggunaan harian dan dinilai bisa menjadi pilihan pertama bagi masyarakat yang baru ingin mencoba kendaraan listrik.

Luther Panjaitan, Head of PR & Government BYD Indonesia, menjelaskan bahwa Atto 1 diposisikan berbeda dari anggapan sebagian masyarakat yang menyebutnya sebagai 'LCGC versi EV'.

Menurutnya, Atto 1 fokus menyasar kebutuhan konsumen perkotaan yang menginginkan kendaraan ringkas, efisien, sekaligus ramah lingkungan.

"Buat kami segmen itu lebih ke city car, bukan LCGC, bukan hatchback, tapi memang menjawab keperluan terhadap kendaraan di perkotaan," jelas Luther di sela Media Test Drive Yogyakarta-Solo-Semarang (14/8/2025).

Ia menambahkan, kehadiran Atto 1 juga diharapkan memberi dampak positif terhadap industri otomotif. 

"Kompetisinya semakin baik, kontribusi lebih baik juga kepada industri," lanjutnya.

Salah satu daya tarik utama Atto 1 ada pada harganya yang terjangkau dibandingkan mayoritas mobil listrik lain di pasar saat ini. 

Model ini ditawarkan dalam dua varian, yakni Dynamic seharga Rp 195 juta dengan baterai 30,08 kWh dan jarak tempuh hingga 300 km, serta varian Premium seharga Rp 235 juta dengan baterai 38 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 380 km (OTR Jakarta).

Luther mengakui, masih banyak masyarakat yang memandang mobil listrik sebagai produk mahal atau kurang reliabel. 

Namun, BYD berusaha menjawab tantangan tersebut melalui Atto 1.

"Kami berusaha menjawab tantangan itu dengan menghadirkan Atto 1. Apalagi untuk konsumen di daerah yang kebanyakan baru pertama kali ingin mencoba kendaraan EV, mereka menakar risiko dengan memilih yang lebih terjangkau dulu," katanya.

Ia menilai antusiasme di daerah cukup tinggi terhadap mobil listrik entry-level.

"Mereka melihat, dengan Rp 200 jutaan bisa punya EV pertama, kenapa tidak? Atto 1 adalah jawabannya kalau melihat kondisi kompetisi dari market sekarang," pungkas Luther.

#BYD Atto1 #BYD Indonesia #BYD Atto 1 Dynamic

...
Author : pekik udi irianto > 2944 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment