AFTERMARKETPLUS.id - BMW Indonesia secara resmi telah meluncurkan 2 kendaraan performa tingginya, yaitu BMW M4 CS dan BMW M2 Special Edition (29/10/2024).
BMW M4 CS
Mobil ini berada di posisi yang sempurna di antara BMW M4 Competition Coupé dan edisi terbatas BMW M4 CSL. Menggabungkan kemampuan performa yang murni dengan kenyamanan berkendara harian, M4 CS menawarkan sensasi balap yang intens dan handling yang presisi berkat M TwinPower Turbo yang menghasilkan 550 psdan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik.
Mesin Enam Silinder In-Line yang Dikembangkan untuk Balap
Karakter balap yang khas dari BMW M4 CS baru langsung terlihat dan terasa sepanjang perjalanan. Edisi khusus ini ditenagai oleh versi mesin enam silinder sejajar yang sangat bertenaga dengan teknologi M TwinPower Turbo yang dikembangkan untuk rangkaian BMW M3/BMW M4.
Mesin 3.0 liter ini dirancang dengan performa balap sebagai tujuan utama sejak awal pengembangannya. Bahkan, mesin ini juga menjadi basis untuk mesin BMW M4 GT3, yang memenangkan gelar DTM touring car pada 2022 dan meraih kemenangan di balapan 24 jam di Spa-Francorchamps dan Dubai pada 2023.
Mesin dalam BMW M4 CS ini juga mendapat benefit dari pengembangan BMW M GmbH serta pengalaman balap bertahun-tahun yang mendukungnya. Mesin ini memiliki blok mesin yang sangat kaku dengan konstruksi closed-deck sleeve-free, yang dirancang untuk menangani tekanan pembakaran yang sangat tinggi.
Crankshaft ringan yang ditempa juga menunjukkan ketahanan torsi yang luar biasa, yang berperan dalam memberikan respons tenaga yang cepat dan kemampuan putaran tinggi. Lapisan besi yang disemprotkan pada dinding silinder yang juga ringan mengurangi gesekan, sementara kepala silinder menggunakan inti yang dicetak secara 3D.
Proses manufaktur aditif ini memungkinkan saluran pendingin diatur secara optimal untuk manajemen suhu, yang tidak mungkin dicapai dengan metode pengecoran logam konvensional. Sistem suplai oli, seperti halnya sistem pendingin, dirancang untuk menangani tantangan khusus penggunaan di lintasan, termasuk putaran mesin yang tinggi secara konsisten dan akselerasi lateral ekstrem.
Karakteristik Performa dan Suara yang Khas
Teknologi balap menjadi fondasi bagi potensi luar biasa dari mesin enam silinder sejajar BMW M4 CS, hasilkan tenaga maksimal 550 ps. Ini merupakan peningkatan sebesar 20 psdibandingkan mesin BMW M4 Competition Coupé dengan M xDrive.
Peningkatan tenaga ini dicapai melalui revisi yang ditargetkan pada teknologi M TwinPower Turbo mesin, tanpa mengorbankan stabilitas atau daya tahan. Penyesuaian ini terutama melibatkan peningkatan tekanan muatan maksimum dari dua turbocharger mono-scroll hingga 2,1 bar, serta beberapa penyesuaian spesifik pada manajemen mesin.
Pembaruan ini juga menghasilkan karakteristik performa M yang sangat khas, dengan tenaga yang segera tersedia dan terus berlanjut hingga putaran mesin yang lebih tinggi. Mesin BMW M4 CS terbaru menawarkan torsi puncak 650 Nm yang dapat dirasakan mulai dari 2.750 rpm hingga 5.950 rpm.
Tenaga maksimal tercapai pada 6.250 rpm, dengan batas putaran mesin di 7.200 rpm. Yang berkontribusi pada respons mesin yang luar biasa ini adalah pemasangan mesin khusus dengan tingkat per kejut yang lebih tinggi. Koneksi yang kaku antara unit tenaga dan struktur kendaraan memungkinkan transmisi tenaga yang sangat langsung setiap kali pengemudi menekan pedal gas.
Tenaga yang segera tersedia dan karakter mesin yang berputar tinggi memungkinkan akselerasi yang mengesankan. BMW M4 CS dapat melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik, sementara 0 hingga 200 km/jam dicapai dalam 11,1 detik.
Sprint jarak menengah dari 80 hingga 120 km/jam dilakukan dalam 2,6 detik pada gigi 4 dan 3,3 detik pada gigi 5. Kecepatan tertinggi edisi khusus ini, yang dilengkapi dengan M Driver’s Package sebagai standar, dibatasi secara elektronik hingga 302 km/jam.
Pengiriman tenaga dari mesin ini diiringi oleh suara emosional yang dihasilkan oleh sistem knalpot dual-branch, yang dilengkapi dengan katup yang dikendalikan secara elektrik, peredam belakang titanium dengan desain ringan, dan—seperti khas M—dua pasang knalpot yang dilapisi warna hitam matte.
Kehadiran akustik mesin ini menyesuaikan dengan pengaturan powertrain yang dipilih melalui menu M Setup. Dalam mode SPORT dan SPORT+, suara mesin memperoleh nuansa balap yang luar biasa, memberikan drama akustik yang nyata, terutama selama perpindahan gigi dan perubahan putaran mesin yang menyertainya.
Transmisi M Steptronic 8-percepatan, M xDrive, dan Active M Differential
Torsi mesin BMW M4 CS disalurkan ke keempat roda melalui transmisi M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic. Pengoperasiannya dilakukan melalui tuas pemilih gigi khusus M di konsol tengah atau paddle shift berbahan serat karbon pada setir.
Tombol Drivelogic yang terintegrasi memungkinkan pengemudi mengubah karakteristik perpindahan gigi sesuai keinginan, dengan pilihan pengaturan: satu untuk kenyamanan, satu untuk performa, dan satu yang dioptimalkan khusus untuk penggunaan di lintasan balap.
Tenaga mesin disalurkan ke jalan melalui sistem M xDrive, teknologi penggerak semua roda yang cerdas ini menggunakan kopling multi-plate elektronik di kotak transfer untuk mendistribusikan tenaga mesin secara halus antara roda depan dan belakang, memaksimalkan traksi, kelincahan, dan stabilitas arah dalam berbagai kondisi.
Sistem suplai oli kopling ini juga dioptimalkan untuk memastikan sistem penggerak semua roda tetap berfungsi secara efektif bahkan selama sesi lintasan yang sangat intens.
M xDrive juga memiliki bias roda belakang yang bekerja sama dengan Active M Differential di poros belakang, yang operasinya sepenuhnya variabel. Ini menambah sensasi khas M saat berakselerasi atau menikung dengan kecepatan tinggi.
Selain itu, menu M Setup memungkinkan pemilihan mode 4WD Sport, yang mengarahkan proporsi torsi mesin lebih besar ke roda belakang. Pengemudi juga dapat mematikan sistem DSC (Dynamic Stability Control) sepenuhnya dan mengaktifkan penggerak roda belakang murni melalui mode 2WD, memberikan pengalaman berkendara yang lebih intens bagi pengemudi berpengalaman.
Penyetelan Khusus untuk Teknologi Sasis dan Sistem Kontrol
Teknologi sasis BMW M4 CS telah disesuaikan dengan tepat untuk karakteristik performa mesin, konsep kendaraan secara keseluruhan, dan distribusi beratnya.
Penyetelan sasis meliputi kinematika poros yang disesuaikan secara individual, pengaturan camber roda yang spesifik, peredam, pegas tambahan, dan anti-roll bar, yang semuanya dirancang untuk mengoptimalkan presisi kemudi, transmisi gaya kontrol lateral saat menikung, respons pegas dan peredam, serta stabilitas roda.
Peredam yang dikendalikan secara elektronik pada adaptive M suspension juga disesuaikan secara spesifik untuk M4 CS, begitu pula kemudi elektromechanical M Servotronic dengan rasio variabel dan sistem pengereman terintegrasi.
Pengaturan sistem DSC dan M Dynamic Mode juga dirancang khusus untuk memenuhi tuntutan berkendara dinamis di sirkuit. M Dynamic Mode memberi pengemudi lebih banyak ruang gerak untuk mengeksplorasi batas-batas dinamis mobil dengan menunda titik intervensi dari berbagai langkah stabilisasi sistem DSC. Saat pengemudi mengadopsi gaya mengemudi yang sangat sporty, slip roda yang dihasilkan memastikan transmisi tenaga yang lebih baik dan membantu mendorong kendaraan dengan lebih meyakinkan.
Fitur Desain Eksklusif Menjanjikan Performa yang Luar Biasa
BMW M4 CS baru tegaskan karakter tajamnya melalui serangkaian fitur desain yang unik. Pilihan warna khusus dari BMW Individual seperti Riviera Blue dan Frozen Isle of Man Green Metallic; serta M Brooklyn Grey metallic dan Sapphire Black metallic tersedia untuk model edisi khusus terbaru ini dari BMW M GmbH.
Permukaan carbon fiber yang terekspos pada atap dan dua lekukan yang dipahat di kap mesin menonjolkan struktur material yang khas, begitu juga splitter depan, saluran udara depan, tutup kaca spion, spoiler belakang, dan apron belakang. Bersama dengan side skirt hitam dan M gills, elemen CFRP ini memberikan kontras yang menakjubkan dengan pilihan warna cat baru yang mencolok.
Bagian depan kendaraan ini menampilkan BMW kidney grille tanpa bingkai yang ringan, dengan tampilan sederhana yang mengingatkan pada mesin balap. Desain yang dibuat khusus untuk model ini memiliki garis kontur merah dan lambang “M4 CS” pada bilah horizontal atas. Kedua lencana model di depan dan belakang kendaraan memiliki permukaan hitam dengan garis tepi merah.
Lampu depan yang menarik menambahkan sentuhan lain pada bagian depan BMW M4 CS. Ikon lampu yang terpahat menyala dengan warna yang berbeda yaitu kuning, baik saat Welcome Light Animation maupun ketika lampu jauh atau dekat dihidupkan, terinspirasi dari kendaraan balap GT yang sukses. Lampu belakang BMW M4 CS membuat pernyataan visual yang kuat, terutama saat malam hari.
Selain memberikan cahaya yang kuat, teknologi Laserlight ini juga ditandai dengan ikatan serat optik rumit di dalam unit lampu yang tampak "melayang" dan diterangi oleh dioda laser. Hasilnya adalah efek 3D yang menonjol. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada edisi khusus berperforma tinggi BMW M4 CSL yang diproduksi dalam jumlah terbatas sebanyak 1.000 unit, dan kini memberikan estetika eksklusif pada BMW M4 CS.
Aura Balap di Kokpit: M Carbon Bucket Seats dengan Desain Eksklusif
Dengan visual yang menggugah, kokpit BMW M4 CS dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang mendebarkan, sekaligus memadukan aura balapnya yang khas dengan fitur kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari. Berkat material berkualitas tinggi dan elemen desain eksklusif, kokpit ini menawarkan perpaduan sempurna antara sensasi balap dan kenyamanan.
Setir M Alcantara standar dengan desain tiga palang dan lingkaran bawah datar memberikan kombinasi pegangan yang kuat untuk manuver dinamis serta kenyamanan untuk perjalanan jauh. Penanda merah di tengah setir dan paddle shift berbahan CFRP menambah nuansa balap yang autentik di kokpit.
Bucket seats M Carbon standar dengan desain khusus ini juga memadukan nuansa kendaraan balap dengan kenyamanan jarak jauh yang luar biasa. Kursi ini sepenuhnya elektrik dan dilengkapi dengan penghangat, serta memiliki sandaran kepala terintegrasi dan lencana model yang menyala.
Bucket seats M Carbon di BMW M4 CS dilapisi kulit Merino dan hadir dengan desain eksklusif berwarna hitam/merah dengan jahitan kontras yang khas. Pola dua warna ini diterapkan hingga ke bagian belakang kompartemen kendaraan sport performa tinggi ini.
Panel pintu depan dan panel samping belakang dilapisi seluruhnya dengan kulit hitam. Huruf “CS” berwarna merah pada konsol tengah, sabuk pengaman M dengan jahitan kontras dalam warna khas BMW M GmbH, headliner berwarna Anthracite, elemen trim interior dengan lapisan serat karbon, dan pelat ambang pintu bertuliskan “M4 CS” menambah kesan eksklusif di dalam mobil.
BMW Curved Display dengan Tampilan Khusus M dan iDrive Terbaru
Versi terbaru dari sistem tampilan dan kontrol BMW iDrive yang berbasis pada BMW Operating System 8.5 menyediakan kendali intuitif atas berbagai fungsi kendaraan dan layanan digital. BMW Curved Display berikan tampilan khusus M dan diarahkan ke pengemudi, membantu mereka tetap fokus pada jalan di depan.
Kelompok layar digital sepenuhnya ini terdiri dari layar informasi 12,3 inci di belakang setir dan layar kontrol dengan diagonal layar 14,9 inci. Lampu M Shift yang khas muncul di bagian atas layar informasi, sementara sistem stabilitas berkendara, M xDrive, dan mode kontrol traksi semuanya ditampilkan di area bawah. Widget khusus yang berisi informasi tentang pengaturan kendaraan saat ini, serta tekanan dan suhu ban, dapat ditambahkan ke layar utama untuk kontrol.
BMW iDrive yang diperbarui juga mencakup BMW Intelligent Personal Assistant dan telah dirancang dengan penekanan khusus pada kontrol sentuh dan suara.
Selain grafis khusus M, sistem ini juga kini memiliki cara baru untuk mengoperasikan kontrol iklim otomatis: pengaturan suhu dan ventilasi serta pemanas kursi dapat dikendalikan baik melalui sentuhan dengan opsi menu khusus di area bawah layar kontrol atau dengan perintah suara.
[MNR]
#BMW #BMW M #BMW M4 CS #Harga BMW M4 CS

List Comment
No Comment