Daihatsu Sharing Pembuatan dan Pengembangan mobil Kepada Mahasiswa BINUS ASO

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berpartisipasi dalam seminar peluncuran program studi terbaru, yaitu Business Engineering di universitas BINUS ASO School of Engineering secara virtual (24/2/2022).

Seminar bertajuk We Prepare Future Leaders for the Society 5.0 hasil kolaborasi antara BINUS, OTO.com, dan ADM ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih kompeten dalam menghadapi persaingan global dan regional, khususnya pada ASEAN Economic Community (AEC), serta diharapkan dapat melahirkan inovasi di era society 5.0 ini.

Pada sesi ini, ADM melalui tim R&D (Research and Development) berkesempatan berikan sharing tentang tahapan pembuatan dan pengembangan mobil di Daihatsu bertema ‘How To Make a Car’. Pengembangan kendaraan di Daihatsu terbagi menjadi 4 tahap besar, yaitu dimulai dari product planning, styling, engineering, dan test & validation.

Pada tahap product planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selanjutnya pada styling process, dari hasil analisa pasar Daihatsu mewujudkannya melalui pembuatan sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan data 3 dimensi.

Selanjutnya pada tahap engineering desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan menjadi gambar tehnik untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian, serta diwujudkan dengan pembuatan prototype untuk diuji coba. Lalu pada test & validation, produk prototype tadi diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang telah dibuat sesuai dengan kondisi Indonesia dan berkualitas global.

“Daihatsu mengucapkan selamat atas peluncuran program studi terbaru Business Engineering di BINUS ASO School of Engineering. Melalui sharing ini, kami berharap para peserta mendapat insight gambaran besar proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan, serta dapat meningkatkan kompetensi dan lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan global,” terang Meddy Hamdhani, R&D Product Planning Executive Coordinator Division PT ADM.

[EYD]