Daihatsu Xenia “Gigit Jari” Melihat Penjualan Toyota Avanza

AFTERMARKETPLUS.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) menuai hasil positif perihal penjualan mobil Avanza, mereka mampu membukukan angka 7.823 unit selama bulan Oktober 2019.

Beda halnya dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), produk kembarannya Daihatsu Xenia terlihat seperti ‘tiarap’ jika dibandingkan penjualannya saudara kembarnya, 1.635 unit saja. Cukup memprihatinkan.

Dua mobil kembar namun tidak identik ini memang menjadi primadona dikelas Low MPV, meski desain antara Avanza dan Xenia terbilang mirip, namun market masih lebih memilih Toyota Avanza. Ini membuktikan Xenia belum bisa menggeser kedigdayaan Avanza di kelas Low MPV.

Namun, untuk penjualan ritel Daihatsu sendiri pada Oktober 2019, mengalami kenaikan menjadi 17,6% dibandingkan September 2019 lalu yang sebesar 15,9%.

Pada Oktober 2019, Daihatsu juga mencatat total angka retail sales mencapai 15.578 unit, dan whole sales sebesar 17.530 unit. Jika dibandingkan dengan bulan September sebelumnya, secara volume, penjualan Daihatsu mengalami peningkatan pada retail sales, sebesar 18,8% dari 13.112 unit, menjadi 15.578 unit.

“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu menunjukkan tren positif, dengan kenaikan hampir di seluruh model Daihatsu. Hal ini, didukung oleh program-program penjualan yang Daihatsu lakukan,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

[Firdaus Ali]