Dampak Virus Corona, APM Pabrikan Otomotif Terapkan WFH dan Shift untuk Karyawan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Agen Pemegang Merk (APM) pabrikan otomotif turut menerapkan Work From Home (WFH) dan sistem shift pada sebagian besar karyawannya. Keputusan tersebut bedasarkan pengumuman Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai status tanggap darurat virus corona selama 14 hari sejak Jumat (20/3) lalu.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagai usaha dalam memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawannya.

“Kami prihatin dengan pandemi corona yang telah merebak secara global, termasuk Indonesia. Semoga wabah corona ini dapat segera berlalu, dan kita dapat beraktivitas secara normal kembali,” ujarnya kepada aftermarketplus.id (31/03/2020).

Amelia menambahkan, Daihatsu akan berfokus pemanfaatan pelayanan secara digital. Yakni website dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

Hal yang serupa dilakukan APM PT Sokonindo Automobile (DFSK). Arviane Dahniarny Bahar berujar, pihaknya sudah bekerja di rumah hingga 13 April 2020 mendatang. Sedangkan pekerjaannya sebagai Public Relations dan Digital Manager, beserta tim lainnya di DFSK telah dibagi tugas masing-masing dan terus update melalui panggilan video.

“Diler kami masih berjalan normal, jadi sebagaian masih bekerja secara shift. Namun hanya pelayanannya saja yang berbeda kepada komsumen. Seperti Home Care hingga pembelian bisa dilakukan tanpa ke showroom. Tapi semua kembali ke kebijakan diler dan disesuakan dengan kondisi daerah masing-masing,” ujar wanita yang akrab disapa Anne tersebut.

Tak berbeda dari APM PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Marketing Communication Department Head Isuzu Puti Annisa Moeloek membeberkan sistem shift sangat berguna untuk mengatur jumlah orang dalam satu ruangan kantor. Di sisi lain juga menjaga operasional perusahaan tetap berjalan sesuai dengan target.

“Tentunya manajemen kami sedang menjaga sekali pengeluaran operasional dan cash flow, dimana semua perusahaan akan melakukan hal yang sama demi stabilnya perusahaan,” terang Annisa.

[Sigit Akbar]