Fitur Handbrake Electric SUV Peugeot Serta Keunggulannya

Gilang Budiman | 27 Aug 2023

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Handbrake atau rem tangan di mobil umumnya masih gunakan stik atau tuas. Cara kerjanya tinggal tarik tuas ke atas untuk mengunci roda.

Handbrake atau rem tangan di mobil model ini perlahan sudah mulai ditinggalkan, diganti dengan menggunakan tombol elektrik. Seperti yang diadopsi di mobil Peugeot varian terbaru.

“Untuk produk paling lama memang masih gunakan tuas untuk Handbrake-nya. Kemudian untuk produk di atas tahun 2010 dan varian terbaru seperti SUV Peugeot 3008, 5008 dan 2008 sudah gunakan Handbrake electric,” terang Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.

Untuk Peugeot produksi terbaru seperti Peugeot 2008, memang sudah gunakan Handbrake Electric.

Namun bedanya dengan varian terbaru, Handbrake electric produk ini gunakan motor listrik yang posisi pasangnya ada di bawah tombol Handbrake.

Kemudian dari motor listrik terbentang kabel panjang penarik tuas Handbrake yang ada pada teromol rem belakang.

Sedangkan untuk varian terbaru Peugeot seperti 3008, 5008 dan 2008, sama-sama sudah gunakan Handbrake electric, namun desain konstruksi jalurnya jauh lebih simpel.

Untuk produk ini, motor listrik pengunci rem belakang sudah tergabung dengan kaliper rem di kanan-kiri roda belakang.

Bahkan motor listrik cara kerjanya secara digital karena terhubung ke Electric Control Unit (ECU) utama, lalu dapat perintah on-off dari tombol Handbrake electric.

“Lalu keunggulan Handbrake electric SUV Peugeot 3008, 5008 dan 2008 dibanding pendahulunya. Ketika driver mengaktifkan (on) tombol Handbrake dan ingin menonaktifkan bisa pakai dua cara. Bisa dengan menarik tombol off Handbrake electric atau memindahkan tuas transmisi ke “D” lalu menekan pedal gas perlahan ketika ingin jalan kembali,” imbuh Rafii.

Pun ketika fungsikan Handbrake electric di jalan menanjak. Driver tidak perlu khawatir mobil asal Prancis ini mundur ke belakang ketika menonaktifkan.

Sebab mobil SUV ini sudah didukung fitur Hill Assyst yang mampu menahan beban mobil melalui putaran mesin. Langkah ini, jelas jauh lebih safety.

[GLG]

#Peugeot #Hand Brake

...
Author : Gilang Budiman > 1801 Articles

Gilang Budiman merupakan lulusan jurusan Ekonomi S1 Universitas Indonesia dan jurusan Business S2 Universitas Binus International yang memulai karir dibidang otomotif sejak;

  • 2002 : Komunitas Honda Civic Indonesia
  • 2009 : Komunitas BMW CAR CLUB OF INDONESIA
  • 2011: Wartawan Auto Bild Indonesia
  • ⁠2014 : Komunitas Mercedes Benz Club Indonesia (NECI)
  • 2015: Senior Reporter Otodriver
  • 2016: Senior Editor Aftermarketplus

Comment (0)

List Comment

No Comment