Fitur Semi Autonomus Bikin Perjalanan Terasa Nyaman dan Aman

AFTERMARKETPLUS.id – Beragam cara dilakukan produsen mobil untuk memberi rasa nyaman dan aman saat berkendara. Salah satunya adalah mengurangi peran pengemudi sehingga berkendara kian terasa rileks tanpa mengorbankan keamanan berkendara.

Fitur semi autonomus yang disematkan All New Honda BR-V membuktikan hal tersebut dalam Family Trip Mandalika Journey.

Suspensi lembut, posisi duduk, setir ringan dan transmisi otomatis mampu membuat rasa berkendara terasa nyaman. Tetapi Honda kini menyematkan Honda Sensing yang mampu memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman pada All New Honda BR-V.

Dengan Honda Sensing, beberapa peran pengemudi dalam hal pengendalian kini dapat diambil alih oleh komputer ‘pintar’. Dalam beberapa kondisi, Anda dapat mengistirahatkan kedua kaki sehingga perjalanan kian terasa rileks.

Apalagi fitur semi autonomus ini mampu bekerja secara natural sehingga terasa nyaman untuk pengemudi dan penumpang.

Bahkan seluruh penumpang tidak bisa membedakan kontrol dari Honda Sensing ini saat digunakan dengan kendali manual oleh pengemudi, terutama ketika melakukan pengereman ketika komputer ‘pintar’ perlu menjaga jarak 3 detik dengan kendaraan di depannya.

Ini sebuah teknologi yang cukup menggelitik, saat mengingat bahwa awal tahun 1980-an, pengemudi perlu menggunakan kedua kakinya untuk mengontrol pedal gas, rem dan kopling.

Kemudian era 1990 mulai hadir transmisi otomatis yang dapat mengistirahatkan kaki kiri saat berkendara. Dan kini – meski dalam beberapa kondisi saja – peran kaki pengemudi dapat ditiadakan.

MEMINIMALKAN MICROSLEEP
Tak kalah penting dari fitur semi autonomus ini adalah Lane Keeping Assist System (LKAS) yang akan mendeteksi marka jalan dan menjaga All New Honda BR-V agar tetap berada di tengah lajur/jalur.

Jika terdeteksi mobil mulai keluar lajur/jalur, maka fitur Road Departure Mitigation System (RDM) akan bekerja dengan mengoreksi setir via motor listrik pada Electronic Power Steering (EPS).

Meski lingkar kemudi dapat bergerak secara otomatis, namun indikator peringatan untuk setir perlu kembali dipegang akan muncul sebagai tanda bahwa kontrol sepenuhnya tetap ada di tangan pengemudi. Inilah yang kami sebut sebagai fitur semi autonomus.

Hal ini pun diakui oleh Aman Susanto, pemilik All New Honda BR-V asal Bali saat pelesir ke daerah Batu, Malang Jawa Tengah, “Honda Sensing sangat membantu saat berkendara di jalan tol, baik untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya atau saat pengemudi mulai merasa mengantuk, ada fitur yang mengingatkannya.”

SENSOR CERDAS
Kekaguman pun belum selesai pada Honda Sensing. Sensor cerdas yang terletak di balik kaca spion tengah ini ternyata tetap mendeteksi dengan baik saat kondisi malam hari dan hujan deras.

Tak heran jika perjalanan dengan All New Honda BR-V terasa begitu menyenangkan dan pengemudi tidak merasakan kelelelahan berlebihan.

[ADV]

About Dhany Ekasaputra 274 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )