Generasi Terbaru All New Honda Civic Type R Resmi Dijual di Jepang

AFTERMARKETPLUS.id – Honda Motor Co., Ltd resmi memperkenalkan generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R yang diluncurkan perdana di Jepang (21/7/2022). Acara peluncuran All New Honda Civic Type R generasi terbaru ini ditayangkan melalui tautan akun YouTube milik Honda Jepang; https://www.youtube.com/user/HondaJPPR.

All New Honda Civic Type R rencananya akan mulai dipasarkan di Jepang pada bulan September 2022 mendatang. 

All New Honda Civic Type R mengedepankan konsep pengembangan “Ultimate Sport” dimana model ini dikembangkan dengan tujuan untuk mencapai performa berkendara dengan kecepatan tertinggi serta dapat memberikan kenikmatan berkendara. Proposisi nilai Type R adalah mewujudkan kecepatan, yang merupakan nilai esensial dari model sport, kenikmatan berkendara, yang dapat dirasakan langsung oleh pengemudi.

All New Honda Civic Type R dikembangkan dari basis model Honda Civic Hatchback generasi terbaru yang telah diterima dengan baik di pasar global. Desain pengembangan dimulai dari memodifikasi desain sasis yang dibuat lebih rendah serta lebih lebar untuk mendapatkan peningkatan performa berkendara untuk model Type R. Selain itu jarak pandang ke depan juga dibuat lebih lebar agar dapat memberikan visibilitas yang lebih baik kepada pengemudi ketika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Pada bagian eksterior mobil didesain untuk menciptakan gaya berkendara yang cepat sekaligus juga memancarkan keindahan setiap detil desain eksterior dari mobil ini mulai dari desain fender nya yang lebar dan juga terintegrasi dengan bodi, dibentuk mengalir melalui panel samping untuk meningkatkan kinerja aerodinamika mobil sehingga dapat mengontrol aliran udara yang mengalir tanpa hambatan dari depan ke belakang.

Untuk pilihan warna All New Honda Civic Type R menampilkan warna ikonik khas Type R yaitu Championship White. Kemudian juga terdapat pilihan Crystal Black Pearl, Sonic Grey Pearl serta Frame Red dan Racing Blue Pearl yang menjadi pilihan warna baru untuk model ini.

Desain interiornya menampilkan jok berbahan suede leather kemudian karpet lantai berwarna merah yang lebih mengangkat perasaan sport bagi pengemudi serta penumpang depan ketika mereka membuka pintu dan masuk ke dalam mobil. Sementara itu warna instrumen panel menggunakan warna hitam. Desain setir menggunakan desain baru berbahan dasar alcantara.

Kursi depan dirancang dengan bentuk polihedral tiga dimensi untuk menopang tubuh dengan kuat sehingga pengemudi dan penumpang depan dapat merasakan kepercayaan diri penuh bahkan saat berkendara di sirkuit balap dengan kecepatan penuh. Selain itu, penggunaan bahan permukaan jok seperti suede dengan koefisien gesekan tinggi membuat posisi bodi lebih stabil dalam situasi dengan gaya gravitasi tinggi seperti ketika bermanuver menikung maupun ketika berakselerasi / deselerasi secara mendadak.

Sedangkan untuk desain meter cluster, selain menampilkan tampilan standar, kini terdapat juga tampilan desain eksklusif pada mode +R. Fitur ini memungkinkan pengemudi mendapatkan informasi yang diperlukan secara instan selama berkendara dengan mode Sport, termasuk di sirkuit balap, dimana bagian atas meter cluster menampilkan informasi penting seperti rpm mesin, indikator putaran, dan indikator posisi gigi, sedangkan bagian bawah berfungsi sebagai tampilan multi informasi yang dapat menampilkan informasi kendaraan yang dipilih oleh pengemudi.

Dengan mengadopsi indikator putaran yang menyala, pengemudi dapat memperoleh informasi secara intuitif tanpa memperhatikan indikator secara bersamaan.

Tim riset dari All New Honda Civic  Type R telah menentukan tiga tujuan utama dalam mengembangkan model ini yaitu; “tercepat” dengan menjadikan model ini sebagai mobil dengan penggerak roda depan (FWD) tercepat.

Kemudian “Addictive Feel” dimana mobil ini dapat membuat pengemudinya merasa tertantang untuk terus menghasilkan pengalaman berkendara yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Ketiga “Secure Feel” dimana mobil ini menghasilkan stabilitas yang baik ketika berkendara bahkan dalam kecepatan yang tinggi sekalipun dengan perasaan yang aman.

Sebelumnya, pada bulan Maret 2022 lalu, Honda telah melakukan uji coba model prototipe dari All New Honda Civic Type R ini di Sirkuit Suzuka, Jepang dimana berhasil mencatatkan waktu putaran tercepat yaitu 2 menit 23,120 detik untuk kategori mobil penggerak roda depan (FWD). 

All New Honda Civic Type R menampilkan berbagai pilihan mode berkendara yang dapat dipilih serta disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pengemudinya yaitu; Individual, Comfort, Sport dan juga +R. Selain itu juga All New Honda Civic Type R kini menggunakan Honda Connect yang menampilkan data telematik kendaraan yang dapat terintegrasi dengan perangkat smartphone pemilik kendaraan. 

All New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang kini telah mendapatkan sejumlah pembaharuan untuk mencapai tingkat responsif yang lebih baik lagi serta performa berkendara yang lebih baik lagi.

Selain itu juga mobil ini dibuat agar dapat lebih memahami serta mewujudkan keinginan dari pengemudinya. Perpindahan gigi dibuat lebih responsif lagi kemudian Rev match control system membuat pegoperasian pedal dibuat lebih cepat beradaptasi menyesuaikan dengan keinginan pengemudi ketika memindahkan gigi.

All New Honda Civic Type R kini menampilkan Honda LogR, yang memberikan informasi real-time tentang pergerakan mekanis kendaraan serta perilaku kendaraan yang dihasilkan berdasarkan masukan dari pengemudi. All New Civic Type R memberikan kenikmatan berkendara yang lebih baik kepada pengemudi dengan lebih memadukan perasaan antara pengemudi dan juga kendaraan. Honda LogR mencakup data serta video ketika mengemudi dan membantu pengemudi untuk mengevaluasi dalam meningkatkan keterampilan mengemudi.

[EYD]