GLA-CLASS FACELIFT YANG MAKIN MENAWAN

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Setelah hadir 3 tahun di Indonesia, Mercedes-Benz Indonesia akhirnya meluncurkan GLA-Class facelift di restaurant KAUM, Jakarta Pusat(15/06). Penyegaran ini merupakan facelift pertama sebelum beregenerasi 2019 mendatang. Mercedes-Benz Indonesia membuktikan keseriusannya menggarap segmen SUV dengan rajin menyegarkan line up mereka.

“Ada 7 seri model SUV mulai dari GLA, GLC, GLC Coupe, GLE, GLE Coupe, GLS dan G-Class yang menandakan Mercedes-Benz merupakan produsen kendaraan premium yang menawarkan jajaran SUV terluas. Ini semua untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para pelanggan di Indonesia,” kata Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Kini GLA memiliki karakter SUV yang semakin kental dengan meninggikan suspensinya 30 milimeter. Wajahnya sendiri tidak banyak berubah dibanding model sebelumnya. Paling kentara pada grille berlubang dan bemper depan baru. Headlampnya kini menjadi LED High Performance, menggantikan lampu bi-xenon.

Lampu belakang juga tampak berbeda. Modelnya menganut crystal look effect seperti yang diterapkan di sedan E-Class generasi terbaru. Desain menjadi salah satu kekuatan utama New GLA-Class. Postur yang lebih tinggi, posisi duduk juga tinggi, memberi kepercayaan lebih saat mengemudikannya.

“Ciri khas GLA ditandai lewat bahasa desainnya yang sporty dan dinamis, pengendalian yang ringan dan jangkauan individualisasi yang ekstensif. Sebagai SUV kompak pertama dari Mercedes-Benz, model ini membawa angin segar dan memantapkan diri sebagai pemain utama dalam segmen pasarnya,” imbuh Lamberts.

Mercedes Benz Indonesia menawarkan dua varian baru GLA, yaitu GLA 200 AMG Line dan GLA 45 AMG. GLA 200 AMG Line dapat ditebus dengan mahar Rp 739 juta (off the road). Mobil ini memiliki jantung pacu mesin 1,595 cc 4-silinder turbo. Dengan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 156 hp dan torsi 250 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi kopling ganda 7G-DCT untuk menggerakkan roda depan (FWD). Klaim akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,1 detik. Kecepatan puncaknya 218 km/jam.

Sementara itu GLA 45 AMG ditawarkan seharga Rp 1,299 miliar (off the road). Tenaganya mencapai 381 hp dan torsi 475 Nm dari mesin 1.991 cc turbocharged. Seluruh output tersalur menuju keempat roda (AWD) oleh transmisi AMG Speedshift DCT 7-kecepatan. Akselerasi 0-100 km/jam secepat 4,4 detik dengan kecepatan tertinggi dibatasi 250 km/jam.

Sungguh menakjubkan teknologi Mercedes-Benz saat ini. Dengan kapasitas mesin yang kecil, mampu menghasilkan tenaga yang besar. Tentu mobil-mobil Mercedes-Benz kini menjadi sangat fun to drive dan efisien konsumsi bahan bakarnya. [Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 619 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website