MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS – Honda tampil maksimal di Frankfur Motor Show 2017 dengan amunisi terbaik. Tidak saja menghadirkan Urban EV Concept Angry, Honda CR-V hybrid, tapi juga menampilkan Honda Civic dengan mesin diesel.
Dari segi desain, penampilan Honda Civic diesel ini memang tidak ada yang berbeda signifikan dibanding Civic regular bermesin bensin. Jadi Anda tidak bisa berharap jika tampang Civic diesel ini akan lebih menonjol dibanding saudara laki-lakinya yang lebih gahar yakni Honda Civic Type R.
Meski begitu, jantung paculah yang jadi amunisi utama Honda Civic diesel. Ia menawarkan solusi terbaik dan mesin lebih efisein meskipun isu diesel di beberapa negara berbeda. Honda setidaknya harus menerima pekerjaan tambahan untuk memastikan Civic diesel ini bisa sesuai dengan kualitas solar di negara-negara yang akan dibidiknya.
Honda Civic diesel menggunakan mesin 1.600 cc yang dibangun khusus dengan spesifikasi pasar Eropa, di Swindon, Inggris. Civic diesel mampu menghasilkan tenaga 120 dk dan torsi 300 Nm dan menyalurkannya ke roda depan. Tenaganya memang lebih kecil dibanding Civic Sedan bermesin 1.5L turbo yang tenaga 173 dk. Tapi untuk urusan torsinya jelas lebih baik karena Civic bensin hanya memiliki torsi 220 Nm.
Mesin Civic diesel memang tidak berupaya untuk memecahkan rekor kecepatan apapun. Mobil ini mampu menuntaskan 0-100 km/jam dalam 10,4 detik, namun bisa menghasilkan konsumsi BBM kombinasi 14,2 km/l, dan hanya menghasilkan emisi gas buang (CO2) 99 g/km.
Honda belum memastikan ketersediaan pasar unit diesel baru mereka. Namun Civic diesel di Eropa akan terbagi dalam model kompak empat dan lima pintu, dan akan mulai di pasarkan lebih dulu di Inggris mulai bulan Maret 2018. Selain itu, mesin ini juga akan dikawinkan dengan gearbox otomatis 9 percepatan yang akan tersedia menyusul. [MNR]