Honda Civic Type R dengan Konsep Desain Livery Sedot Perhatian Pengunjung GIIAS 2023

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Tampil lebih sporty, Honda pajang Honda Civic Type R dengan konsep desain livery yang terinspirasi dari ajang balap TCR Series di booth Honda di acara pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Ajang balap TCR Series merupakan ajang balap mobil Touring Car tingkat dunia dimana Honda sendiri sudah secara konsisten berpartisipasi di ajang balap tersebut sejak tahun 2012 dengan menggunakan serta mengandalkan mobil Honda Civic Type R TCR. Honda kemudian berhasil menjadi juara untuk kategori manufaktur pada tahun 2013. Selain itu, Honda juga merupakan salah satu manufaktur yang konsisten mengikuti ajang balap TCR Series hingga saat ini.

Honda Civic Type R merupakan mobil Honda Civic tercepat yang pernah dibuat oleh Honda. Model ikonik red badge dari Honda ini hadir dalam generasi keenam dengan kode sasis FL5 yang sudah dijual secara global sejak akhir tahun 2022 lalu. Honda Civic Type R generasi terbaru ini juga kemudian diluncurkan di Indonesia pada akhir Maret 2023. Mobil ini bahkan kembali berhasil memecahkan rekor putaran tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman pada akhir bulan April 2023.

Honda Civic Type R yang ditampilkan oleh Honda di GIIAS 2023 mengusung desain konsep livery sporty serta agresif  dimana memadukan gradasi warna merah, putih dan hitam pada bodi mobil yang terinspirasi dari desain livery mobil Honda Civic Type R TCR yang digunakan oleh Honda di ajang balap TCR Series.

Selain digunakan di ajang balap TCR Series, Honda Civic Type R juga digunakan oleh pembalap tim Honda Racing Indonesia – Alvin Bahar berkompetisi di balapan touring nasional yaitu Indonesia Touring Car Race (ITCR) 3,600 Max Divisi 2 di ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) sejak tahun 2022 hingga sekarang.

Selain Honda Civic Type R, produk Honda lainnya yaitu Honda City Hatchback RS juga ditampilkan dalam wujud mobil balap utuh yang digunakan di balapan touring nasional oleh pembalap tim Honda Racing Indonesia. Avila Bahar menggunakan Honda City Hatchback RS di kelas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1,500 di ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) sejak tahun 2022 hingga sekarang.

“Setiap lini produk Honda mempunyai DNA yang sporty mulai dari Honda Civic Type R serta Honda City Hatchback RS. Kedua produk ini digunakan oleh Honda di berbagai ajang balap dimana Honda Civic Type R digunakan di ajang balap dunia yaitu TCR Series sementara Honda City Hatchback RS digunakan di ajang balap kejurnas ITCR 1.500 dan juga ajang balap One Make Race kami di sirkuit Sentul,” terang Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (19/8/2023).