Honda New HR-V Hadir Menjawab Penjualan Segmen SUV di Indonesia yang Terus Meningkat

AFTERMARKETPLUS.id – Belakangan ini, trend pasar otomotif di Indonesia terus tumbuh seiring dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat akan sebuah kendaraan roda empat untuk mendukung mobilitas dan aktivitas mereka sehari-hari.

“Sampai dengan tahun 2020, MPV dan LCGC selalu menjadi segmen dengan penjualan terbesar, namun trend-nya cenderung stagnan. Selain itu, pada tahun 2020 pasar di segmen LCGC juga mengalami penurunan karena terdampak oleh penjualan Honda Brio Satya yang terkendala oleh pasokan,” buka Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor di acara New Honda HR-V Media Test Drive di Bali (24/5/2022).

Yang mengejutkan, trend penjualan SUV terus meningkat bahkan pada tahun 2021 telah melampaui penjualan MPV dan juga LCGC. Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan.

“Bahkan pada tahun 2021, segmen SUV telah menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia,” ujar Ferdianto.

Pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia.

Pembangunan jalan tol dan jalan utama, perkembangan UMKM dan industri lokal di berbagai daerah, hingga rencana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia, mendorong terciptanya pasar otomotif baru dimana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka.

Sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia, konsumen otomotif di Indonesia suka dengan mobil yang dapat menampung banyak orang, muat banyak barang, reliabel serta harganya terjangkau dan mumpuni dikendarai di berbagai kondisi jalan.

“Seiring semakin berkembangnya kebutuhan konsumen, terutama di berbagai wilayah yang berbeda-beda di seluruh Indonesia, semakin banyak konsumen yang memilih SUV karena mempunyai berbagai keunggulan, seperti Ground Clearance yang lebih tinggi, mesin yang lebih bertenaga, kabin yang lebih nyaman dan teknologi keamanan yang lebih canggih,” lanjut Ferdianto.

Selain itu, Honda terus melakukan riset untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen dari sebuah SUV.

Hasilnya, selain faktor-faktor yang menjadi dasar sebuah SUV seperti fun to drive, teknologi, aktualisasi diri dan fungsi transportasi, Honda juga menangkap keinginan dari konsumen akan sebuah model SUV yang unik, sesuai dengan karakter mereka yang berbeda-beda.

Karena itu, Honda menciptakan Karakter SUV yang berbeda untuk Segmen yang Berbeda.

Saat ini, Honda sudah mempunyai lini produk SUV yang lengkap. Mulai dari Honda BR-V untuk pasar Low SUV yang diperuntukkan sebagai mobil keluarga kekinian yang menghadirkan kenyamanan untuk seluruh penumpangnya, kapasitas kargo yang luas, mesin bertenaga terbesar di kelasnya, terjangkau serta Value For Money dan kini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing.

Sementara untuk produk pasar Medium SUV ada produk Honda HR-V yang kini hadir dengan desain yang lebih stylish. Tidak hanya tampil stylish, Honda HR-V juga tampil dengan sentuhan yang lebih sporty dengan hadirnya varian RS untuk pertama kalinya dalam lini produk SUV Honda.

Selain itu, Honda HR-V juga mempunyai tenaga terbesar di kelasnya dan sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing di semua variannya.

Untuk lini SUV, Honda CR-V mempunyai citra yang prestisius dimana mobil ini menjadi puncak dari lini SUV Honda di Indonesia.

Mengusung mesin bertenaga terbesar di kelasnya yaitu 1.5 liter VTEC Turbo Direct Injection yang mampu menghasilkan tenaga hingga 190 PS, kemudian dilengkapi teknologi Honda Sensing.

Ferdianto mengatakan, “Pasar SUV mempunyai potensi besar untuk terus berkembang ke depannya, dengan semakin banyak model SUV yang diperkenalkan di berbagai rentang harga. Honda terus mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkenalkan SUV RS Concept, yang pertama kali debut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu dan saat ini diperkenalkan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.”

Hasil studi dari mobil konsep ini nantinya bertujuan agar Honda bisa terus menghadirkan produk yang melebihi ekspektasi dan kebutuhan dari setiap konsumen.

[MNR]

About pekik udi irianto 1853 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present