Honda SUV RS Concept Akan Menggunakan Mesin DOHC VTEC 1.000 cc Turbo

Foto: Dhany Ekasaputra

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah melakukan world premier di GIIAS 2021, Honda SUV RS Concept sebagai rival dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan mengadopsi mesin berteknologi Earth Dreams.

Jika menilik dari pesaingnya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang mengadopsi mesin 1.000 cc 3-silinder turbo bertenaga 98 PS dan torsi 140 Nm, Honda pun memiliki mesin serupa. Tapi mesin Honda lebih bertenaga dengan angka 122 PS dan torsi sebesar 173 Nm sejak 2.000 rpm.

Lebih irit BBM menjadi keuntungan dari mesin berkapasitas mungil ini. Pasalnya, debit bensin yang dibutuhkan saat idle akan lebih sedikit ketimbang mesin berkapasitas lebih besar.

Plus, karakter mesin 3-silinder yang memiliki torsi lebih besar dan mampu diraih pada putaran mesin yang lebih rendah, cukup menguntungkan untuk kondisi lalu lintas ‘stop and go’ seperti di perkotaan.

Ditambah perpaduan transmisi tanpa roda gigi alias CVT, kian membuat Honda SUV RS Concept semakin irit BBM. Manual mode di transmisi menjadi solusi untuk mengakomodir kebutuhan bagi pengemudi agresif. 
Tapi dibalik keuntungan yang ditawarkan, mesin 3- silinder terkenal dengan vibrasi (getaran), jika dibandingkan mesin 4-silinder yang lebih balans – meski telah mengadopsi balancer shaft hingga fleksible flywheel sekalipun. 

Tak hanya itu, beban kerja pelumas mesin pun kian berat, lantaran harus melumasi komponen turbocharged, selain mesin yang memiliki friksi (gesekan) lebih tinggi akibat ketidak balansnya gerakan piston di dalam mesin. 

Ditambah, volume oli mesin yang lebih sedikit, membuat pelumas lebih cepat rusak akibat panas mesin yang tentu lebih tinggi dari mesin N/A akibat pemampatan udara ke ruang bakar yang dihasilkan dari kitiran turbocharged. 

Dengan dimensi Honda SUV RS Concept yang tergolong mungil – jika dibandingkan dengan CR-V, HR-V hingga BR-V sekalipun – tentu ia akan mengadopsi kapasitas 5 orang. Alhasil, pilihan mesin 1.000 cc DOHC VTEC 3-silinder menjadi pilihan yang tepat.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 284 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )