AFTERMARKETPLUS.id – Imbas dari pandemi Covid-19 hingga saat ini, bisa dibilang tahun 2020 menjadi tahun kelam dan penuh tantangan, salah satu yang terdampak yaitu pasar otomotif di Indonesia. Berdasarkan data dari Gaikindo, penjualan mobil di Tanah Air sampai akhir bulan September 2020 initercatat retail sales sebesar 407.396 unit, jadi itu sekitar 54% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, berarti 46% turun.
Sebagai informasi, market di Amerika Serikat sudah hampir 80% recovery dibanding tahun lalu, China sudah lebih dari 100% dan marketnya sudah tumbuh, selanjutnya Jepang sudah 75% sampai 80%. Di Thailand juga sudah 80% terjadi pemulihan, sedangkan Malaysia berkat adanya stimulus dari pemerintahnya itu sudah lebih dari 100%, bahkan India sudah hampir 80%.
“Sementara kita masih berkutat di angka 54% dan kita harapkan semoga masih bisa terus naik,” terang Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor di acara Wawancara Virtual HPM bareng awak media (19/10).

Billy menambahkan, bagaimana dengan Honda? Penjualan kami hingga akhir kuartal 3 kemarin sekitar 51% jadi turun 49% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meski demikian kami sangat bersyukur bahwa 4 bulan terakhir pasar itu sudah menunjukkan pemulihan secara perlahan dan penjualan kami juga menunjukkan peningkatan.
“Tentu saja situasi saat ini benar-benar masih belum stabil dan kami masih terus secara bertahap hati-hati dalam menentukan strategi kami, jadi strategi harus menyesuaikan dari kondisi keadaan market terkini. Satu hal yang pasti kami pelajari dari kejadian ini, yaitu perubahan perilaku dari konsumen yang membuat kami selalu perlu merancang ulang bagaimana strategi komunikasi hingga layanan terhadap konsumen melalui digital marketing,” ujar Billy.
Dalam kondisi saat ini, platform digital menjadi salah satu media yang menjadi fokus inovasi Honda dengan terus mengembangkan digital marketing ini, karena itu Honda juga telah banyak melakukan berbagai aktivitas untuk konsumen maupun strategi penjualan.
"Pada sisi aftersales juga dengan memasarkan platform digital. Salah satu yang sedang kami jalankan adalah ‘Kampanye Sehat Bersama Honda’, di mana kami mengajak masyarakat untuk tetap aktif menjaga kesehatan dengan terus berolahraga. Agar semakin semangat para calon pembeli mobil Honda juga dapat memanfaatkan dengan memposting di IG mereka untuk mendapatkan voucher setiap melakukan pembelian di produk-produk mobil Honda tertentu,” imbuh Billy.
“Selain itu game android yang bulan lalu telah diperkenalkan, yaitu Brio Virtual Drift Challenge saat ini semakin populer dan sudah di download lebih dari 54 ribu orang, kami juga baru saja menyelesaikan lomba seri pertama yang diikuti sekitar 3.600 peserta, kami harap berbagai aktivitas digital yang kami lakukan dapat memberikan semangat bagi konsumen dan masyarakat,” lanjut Billy.
Seperti diketahui, menuju normal baru Honda Brio terus menunjukan trend penjualan yang positif. Hingga saat ini Brio diminati oleh masyarakat terutama untuk first time buyer Honda.
Model ini menjadi kontributor utama dari penjualan Honda di bulan September, kemarin Brio menyumbang 62% dari total penjualan, bahkan menjadi model yang mendapat penjualan tertinggi di Indonesia pada bulan September 2020 lalu.
[MNR]
#honda brio #Gaikindo #PT Honda Prospect Motor (HPM) #Yusak Billy Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor

Author : pekik udi irianto > 2892 Articles
Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.
List Comment
No Comment