Hyundai Motor Company Luncurkan IONIQ 5

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Hyundai Motor Company hari ini (23/2) meluncurkan IONIQ 5, sebuah mid-size CUV, dalam acara peluncuran perdana global secara virtual.

Sebagai model pertama di brand IONIQ Hyundai yang baru dan didedikasikan untuk battery electric vehicles (BEV), IONIQ 5 menjadi tolak ukur dalam mendefinisikan kembali gaya hidup mobilitas listrik yang didukung oleh fitur-fitur yang ramah lingkungan serta inovatif.

IONIQ 5 dibangun sesuai dengan arsitektur BEV khusus dari Hyundai Motor Group yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Sehingga, memungkinkan produk ini memiliki proporsi unik dari wheelbase yang memanjang.

Melalui platform E-GMP ini, IONIQ 5 menawarkan desain interior yang inovatif dengan material ramah lingkungan di beberapa titik tertentu, performa yang kuat yang dipadukan dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L) serta fitur konektivitas canggih dan fitur pendukung pengemudi yang akan menawarkan pengalaman in-car terbaik namun tetap mengedepankan keamanan.

“IONIQ 5 dapat menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan mereka,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company.

Desain eksterior IONIQ 5 yang unik ditandai oleh karakter yang terinspirasi dari profil Hyundai Pony dengan panjang wheelbase hingga 3.000 mm. Jarak sumbu roda yang dipanjangkan ini membutuhkan pendekatan yang lebih canggih untuk menerjemahkan proporsi baru ini ke dalam bentuk kendaraan EV yang kontemporer.

Bagian depan mobil dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell pertama dari Hyundai yang meminimalkan celah panel untuk menghadirkan aerodinamika yang optimal. Bemper depan berbentuk V yang memikat dengan menggabungkan daytime running lights (DRL) yang memberikan ciri khas lampu unik pada IONIQ 5. Nuansa berbentuk pixel pada bagian lampu juga hadir di bagian belakang kendaraan.

Di bagian samping, gagang pintu otomatis memperlihatkan gaya permukaan yang mulus dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Bentuk depan dan belakang kendaraan menyatu di pintunya, menghadirkan contoh lain dari desain ‘Parametric Dynamics’ Hyundai yang pertama kali terlihat pada all-new Tucson.

Bentuk C-pillar yang kuat, yang terinspirasi oleh konsep EV ’45’ Hyundai, memberikan tampilan dari IONIQ 5 yang dapat dikenali dengan mudah dari kejauhan.

Pada bagian roda juga dioptimalkan untuk fungsi aerodinamis yang semakin menyoroti tema desain Parametrik Pixel dan dihadirkan dalam ukuran besar berdiameter 20 inci, sehingga menjadikan ukuran velg terbesar yang pernah dipasang pada produk EV dari Hyundai. Proporsi sempurna IONIQ 5 yang lengkap ini dioptimalkan mendukung platform E-GMP Hyundai.

Hyundai juga menghadirkan tema ‘Living Space’ yang tersebar di seluruh interior, terutama diwujudkan oleh konsep Universal Island, yaitu konsol tengah yang dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm. Universal Island, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan jok depan yang dapat diatur secara elektronik. Kursi dapat direbahkan ke sudut optimal, menawarkan perasaan tanpa bobot bagi penumpangnya. Hyundai juga mengurangi ketebalan jok depan hingga 30 persen, memberikan lebih banyak ruang bagi mereka yang duduk di baris kedua.

Beberapa titik penting yang ada di sisi interior IONIQ 5 seperti kursi, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan, telah menggunakan sumber materi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti botol PET daur ulang, serat benang wol berbahan alami, kulit olahan ramah lingkungan, dan cat berbahan alami.

Pelanggan dapat memilih dari sembilan warna eksterior, termasuk lima warna yang terinspirasi oleh alam yang eksklusif tersedia untuk IONIQ 5. Sedangkan untuk sisi interiornya memiliki tiga pilihan warna.

IONIQ 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE) untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mobilitas setiap pelanggan, tanpa berkompromi dengan performa kendaraan.

Pelanggan dapat memilih dari dua pilihan opsi ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh, dan dua tata letak motor listrik, baik dengan motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang. Semua variasi PE memberikan jangkauan yang luar biasa dan memberikan kecepatan tertinggi hingga 185 km/jam.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense terkini, yaitu sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut yang dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi saat berkendara.

Hyundai IONIQ 5 akan tersedia di beberapa negara mulai semester pertama tahun 2021.

[GLG]

About Gilang Budiman 620 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website