IMPRESI BERKENDARA TOYOTA SIENTA MENYENANGKAN

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan pilihan yang luas bagi konsumen dalam memilih Toyota Sienta.

Mobil ini terbagi dalam 7 line-up mulai tipe E, G, V, dan Q. Yang menarik Toyota Sienta dilengkapi dengan mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.493 cc 4-silinder, dengan 2 pilihan transmisi. Ada transmisi manual 6 percepatan dan juga otomatis CVT bagi mereka yang mengutamakan kepraktisan.

Untuk impresi berkendara Toyota Sienta manual kami mencoba tipe V M/T. Secara keseluruhan desainnya terlihat gaya dengan tampang depan yang unik dan moderen.

Sementara sektor kaki-kaki, Sienta V menggunakan ban berukuran 195/50 R16 dengan perangkat rem cakram berdiameter 15 inci di keempat roda untuk meredam laju.

Yang kami rasakan walau tidak sepraktis transmisi CVT, komposisi 6 gigi membuat penyaluran tenaga bisa lebih presisi. Begitu juga saat berpindah gigi, kami tidak merasakan entakan berlebihan.

Penyaluran tenaga yang halus dan rapat inilah juga yang memberi kompensasi BBM lebih efisien. Posisi mengemudi ergonomis didukung putaran lingkar kemudi yang enteng dan visibilitas luas membuat pengendaraan Sienta manual ini jadi menyenangkan dan lebih sporti.

Lain halnya ketika menggunakan Toyota Sienta tipe Q dengan transmisi CVT. Dengan mesin yang sama potensi tenaga sebesar 107 dk dan torsi 140 Nm terbukti bisa tersalur lebih optimal dan tanpa jeda ke kedua roda depan.

Berkah transmisi otomatis CVT terbukti memberikan penyaluran tenaga halus dan juga rapat di setiap putaran mesin. Terutama jika Anda bisa menjaga pijakan gas lebih halus dengan stabil maka indikator Eco akan terus menyala dan dipastikan konsumsi BBM akan lebih hemat.

Serunya lagi karakteristik ini bisa berubah lebih asik saat kami ubah ke mode manual. Dengan komposisi 7 percepatan Sport Sequential Shiftmatic kami bisa mengatur posisi gigi dengan lebih pas.

Tidak susah untuk mendapatkan tenaga yang responsif di setiap putaran dan mengatur konsumsi BBM lebih irit.

Oh ya, bantingan suspensi Sienta berasa tepat untuk wilayah urban. Setting ini kami rasa cukup positif meredam guncangan tanpa harus mengurangi kenyamanan dan handling.

[ADV]

About pekik udi irianto 1617 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present