Ini Kunci Sukses Suzuki Raih Penjualan Positif di Januari hingga April 2020

AFTERMARKETPLUS.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menunjukkan tren positif terhadap penjualannya pada periode Januari – April 2020, meski diterpa pandemi Covid-19.

Lantas, faktor apa saja yang membuat Suzuki bisa membuahkan penjualan yang baik tersebut?

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS menjelaskan, jika ditelaah dari sisi market, Suzuki beruntung karena tidak semua market turun, beberapa market naik pada periode Januari – April 2020, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Menurutnya, market yang naik itu karena Suzuki diuntungkan oleh model-model yang diproduksi secara lokal, sehingga sangat membantu penjualan di masa pandemi Covid-19 yang terjadi.

Secara total, produk yang diproduksi secara lokal oleh Suzuki mencapai 88 persen, sedangkan 12 persennya merupakan produk yang dipasarkan secara CBU (Completely Built Up).

“Kontribusi terbesarnya (produksi lokal) dari pick up menjadi andalan dengan angka 50 persen sebagai penunjang ekonomi, sedangkan Ertiga 20 persen, dan SUV 15-20 persen, sisanya city car dan lain-lain,” kata Harold di acara FORWOT Ngobrol Virtual Dulu (4/6).

Ia memaparkan, penjualan pick up selama Januari – April mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dari 18 persen menjadi 10 persen secara nasional. Namun market share naik dari 39 persen jadi 59 persen.

Sementara, kenaikan penjualan ditorehkan dari segmen minibus yakni APV. Hal uniknya, APV ambulans berkontribusi 70 persen dari total jualan minibus.

Carry karoseri juga mengalami hal serupa, penjualannya naik dari 2 persen jadi 3 persen. Harold bilang, karena disebabkan adanya peremajaan angkot program Jaklinko di jabodetabek. Alhasil kontribusi penjualan Carry angkot naik menjadi 30 persen pada Januari – April.

Selanjutnya market baru XL7 di ranah SUV yang berhasil mencuri pasar 7 persen di segmen SUV. Sedangkan hatchback, sepanjang Januari April berkontribusi 3 persen.

“Kunci Suzuki bisa survive, yakni sebaran jalur distribusi yang dilakukan di 341 outlet Suzuki seluruh Indonesia. Selama pandemi sangat membantu penjualan Suzuki di wilayah yang tak terjangkit pandemi,” terang Harold.

Harold menambahkan, meski dealer 60 persen tutup sementara, namun dealer di kota yang tak terkena dampak pandemi mampu menopang penjualan Suzuki.

[MNR]

About pekik udi irianto 1476 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present