Ini Lho Penyebab Mobil FWD Gak Kuat Nanjak…

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Seluruh produk Honda selalu mengadopsi penggerak depan, kecuali S2000 dan NSX. Fenomena mobil berpenggerak roda depan (FWD) tidak kuat menanjak pun mulai menjadi momok menakutkan di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun hal tersebut tidak kami temukan pada All New Honda BR-V saat Family Trip Mandalika Journey beberapa waktu lalu.

Jika rute Tol Trans Jawa cenderung landai dan tidak memiliki tanjakan ekstrim, lain halnya saat kami sekeluarga berada di pulau Lombok. Geografi pulau yang berbukit membuat kontur jalan kerap ditemui jalan menanjak ekstrim dan berliku, baik saat perjalanan siang maupun malam hari. Bahkan rute menuju kaki gunung Rinjani, yakni Sembalun, memiliki sudut tanjakan yang cukup ekstrim. 

PENYEBAB MOBIL TAK KUAT MENANJAK

Pada prinsipnya, ada dua penyebab mobil tidak dapat menanjak. Pertama disebabkan oleh kekurangan power mesin dan kedua disebabkan hilangnya traksi ban ke jalan. Tak ayal fenomena ini membuat persepsi bahwa mobil berpengerak depan (FWD) tidak dapat diandalkan untuk menghadapi tanjakan ekstrim.

All New Honda BR-V memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi DOHC i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS dan torsi 145 Nm. Dengan bobot kosong sekitar 1,2 ton, maka Power to Weight Ratio (PWR) mencapai 10 kg/ps. Sebagai pembanding PWR Honda CR-V (190 PS) adalah 8,2 kg/ps.

Apalagi dipadu dengan transmisi tanpa roda gigi alias CVT. Alhasil, rasio puli dapat diatur berdasarkan sudut kemiringan tanjakan sehingga kinerja mesin kian bertenaga namun tetap efisien.

Dengan kata lain, All New Honda BR-V yang tercatat sebagai LSUV paling bertenaga di kelasnya telah mematahkan faktor pertama penyebab mobil tidak kuat menanjak.

Sedangkan faktor kedua, hilangnya traksi roda penggerak pada All New Honda BR-V pun sulit terjadi. Pasalnya, lebar ban yang digunakan berukuran 215. Sebuah ukuran yang baik untuk memperoleh grip optimal, meski berpenggerak roda depan sekalipun. Plus, penerapan fitur Traction Control, kian membuat grip ban ke jalan tetap berada di titik optimal.  

So… Jangan ragu lagi ya dengan kemampuan menanjak mobil keluarga terbaik di Indonesia ini.

[ADV]

About Dhany Ekasaputra 272 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )