Jadi Andalan di Pertambangan dan Perkebunan, Apa Kelebihan Mitsubishi Triton?

Memiliki slogan ‘Engineered Beyond Tough’, Mitsubishi Triton diciptakan sebagai kendaraan yang tangguh. Inilah salah satu kendaraan double cabin terlaris di Indonesia dan masih dipercaya untuk digunakan di Pertambangan dan Perkebunan.

Area pertambangan dan perkebunan memiliki medan berkendara yang tidak biasa. Menaklukan jalanan licin berlumpur, hingga area berbatu, dibutuhkan kendaraan dengan performa yang memadai dan kemampuan menaklukan medan ekstrim. Apalagi semua itu harus dilakukan sambil membawa beban berat.

Mitsubishi Triton memiliki kelebihan yang membuatnya layak dijadikan sebagai pilihan ideal untuk dipakai berkendara di area pertambangan dan perkebunan. Mesin baru berkode 4N15 misalnya.

Telah memenuhi standar emisi Euro-4, mesin direct injection turbo diesel Mitsubishi Triton berkapasitas 2,5 liter. Tenaga yang dihasilkan 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm.

Performanya itu dialurkan ke keempat roda melalui pilihan transmisi manual 6-speed dan otomatis 6-speed dengan mode sport. Mengoperasikan sistem penggerak empat roda miliknya juga mudah.

Tersedia selector dial yang dapat mengubah mode penggerak roda dari 2WD (2H), ke 4WD (4H, 4HLc) tanpa harus berhenti sejenak. Pergantian mode penggerak ini dapat dilakukan dengan kecepatan di bawah 100 km/jam.

Sebagai kendaraan tangguh, Mitsubishi Triton dibangun di atas konstruksi rangka yang kokoh dan stabil. Selain itu memudahkan pengemudinya bermanuver di area yang sempit, double cabin andalan Mitsubishi ini memiliki radius putar yang terbaik di kelasnya, yakni 5,9 meter.

Ada pula mode berkendara Offroad. Pastikan bila melalui medan offroad ekstrim, aktifkan juga mode penggerak 4LLc untuk kemampuan manuver yang lebih sempurna. Fitur keselamatan Hill Descent Control (HDC) juga membantu pengemudinya bermanuver di jalanan menurun dengan mengendalikan kecepatan secara stabil.

Fitur keselamatan lain yang dimilikinya pun terbilang lengkap. Sebut saja Forward Collision Mitigation System (FCM), Automatic High-Beam (AHB), Blind Spot Warning (BSW), 7 SRS Airbags yang tersebar di sekeliling kabin hingga Ultrasonic Missacceleration Mitigation System (UMS) yang dapat mendeteksi objek di sekitar kendaraan saat parkir.

Semua fitur keselamatan ini membuat Triton tak hanya handal digunakan di area pertambangan dan perkebunan, tetapi juga aman digunakan sebagai kendaraan penuh gaya di perkotaan.

Apalagi double cabin ini didukung dengan tampilan eksterior yang stylish. Lihat saja grille depan, under garnish bumper depan, garnish pada lampu utama, handle pintu, pijakan kaki samping, step bumper dan gate handle belakang, rumah kaca spion samping hingga bed liner di bak, semua dicat hitam yang menambah kesan tangguh dan gagah.

Interiornya juga tak kalah mewah. Panel meter dibeali dengan MID LCD Display, layar multimedia 2DIN dengan koneksi USB hingga MP3 Player, AC dengan indikator pengaturan digital dan mode otomatis dan lainnya.

Kabin yang lega dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin. Ada pula soket pengisian daya smartphone. Fitur bantuan berkendara yang ditawarkan pun lengkap. Mulai dari cruise control sampai kamera mundur dengan parking guide.

Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI dalam jumpa pers pada 17 Agustus 2022 mengatakan, “Mitsubishi Triton bak workhorse atau kuda untuk kerja keras. Jadi ia memiliki citra sebagai kendaraan yang tangguh. Triton sendiri di market sudah mendominasi sekitar 60 persen sudah cukup terbukti untuk dipakai di medan ekstrim pertambangan dan perkebunan.”

[MNR]

About pekik udi irianto 1980 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present