Jalan-Jalan Keluarga ke Lombok dengan All New Honda BR-V, Habis Berapa ya?

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Trip Jakarta – Bali, itu sudah biasa… Trip Jakarta – Lombok, itu baru luar biasa… Mahal ? Tidak juga… Kami membuktikannya dengan perjalanan liburan keluarga Jakarta – Lombok dengan menggunakan All New Honda BR-V.

LSUV Honda terbaru ini memiliki kapasitas 7 orang, namun bangku baris ketiga dapat dilipat untuk memperluas kapasitas bagasi. Wajar jika seluruh perlengkapan berlibur selama 9 hari, dapat masuk semua dengan aman tanpa mengurangi kenyamanan penumpang yang berjumlah 5 orang. 

RUTE MENARIK

Infrastruktur saat ini sangat mendukung perjalanan liburan kali ini. Karena kami memanfaatkan Tol Trans Jawa dan Tol Laut untuk menuju pulau Lombok. Alhasil, waktu tempuh kian singkat dan kenyamanan keluarga tetap terjaga.

Start dari Jakarta menuju kota Surabaya, kini dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat, yakni berkisar 11 jam dengan biaya tol sebesar Rp 738 ribu. Waktu tempuh yang cukup singkat untuk menempuh jarak sekitar 800 km ini.

Penggunaan ruas tol yang terus menerus, tentu turut menghemat konsumsi BBM kendaraan. Apalagi All New Honda BR-V yang bermesin 1.500 cc DOHC i-VTEC dipadu dengan transmisi CVT, membuat putaran mesin saat melaju konstan di 100 km/jam hanya 2.000 rpm. Alhasil, konsumsi BBM All New Honda BR-V bisa mencatat angka 14.8 km/l. 

Artinya, rute Jakarta – Surabaya via tol, hanya memerlukan bensin sebanyak 54 liter. Jika dikonversikan dengan harga bensin subsidi Pemerintah (Pertamax @12.500/liter), All New Honda BR-V ini hanya memerlukan biaya bahan bakar senilai Rp 674 ribu.

Wisata Rest Area juga dapat dilakoni dalam perjalanan ini, terutama rest area 456 Salatiga, Jawa Tengah yang menawarkan  kemewahan ala mall dengan hadirnya sky brige yang menghubungkan rest area di sisi seberangnya.  Dipadu dengan pemandangan indah, serta kuliner khas masakan Jawa Tengah.

WISATA KAPAL

Sesampainya di Surabaya, Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan rute tol laut. Rute ini menghubungkan langsung dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju pelabuhan Lembar Lombok dengan waktu tempuh sekitar 21 jam. Waktu yang cukup panjang untuk beristirahat di dalam perjalanan laut ini.

Asyiknya, untuk pembelian tiket KM Kirana VII ini dapat dilakukan via aplikasi sehingga menjadi mudah. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan tetap lebih irit ketimbang melakukan perjalanan via jalur darat melewati pulau Bali.

Harga tiket untuk orang dewasa adalah Rp 160 ribu dan anak-anak Rp 110 ribu. Untuk kendaraan di bawah 2.000 cc dikenakan tiket seharga Rp 1,3 juta sehingga total biaya untuk 4 orang dewasa dan 1 anak ini mencapai Rp 2,238 juta. Harga tiket ini sudah termasuk makan malam dan pagi.

Meski waktu tempuh cukup lama, namun seluruh keluarga dapat menikmati perjalanan ini dengan sangat nyaman, berkat fasilitas yang disediakan. Ruang ber AC, tempat tidur dengan output charger, Cafetaria, tempat bermain anak, olah raga, hingga laundry.

Belum lagi dengan rute yang menyisiri pulau Jawa dan Bali, membuat sinyal HP cenderung selalu dalam kondisi baik. Plus, rute melewati jembatan Suramadu dan jika beruntung, saat pagi hari Anda dapat melihat lumba-lumba di laut Lovina, Bali. 

HANYA RP 730 RIBU / ORANG

Jika ditotal, biaya perjalanan dari Jakarta – Lombok via jalur darat dan laut ini sebesar Rp 3,65 juta atau Rp 730 ribu / orang. Biaya ini tentu di luar biaya makan selama perjalanan, penginapan dan pengeluaran lainnya yang bersifat pribadi.

Kenyamanan pengemudi dan seluruh penumpang saat berada di kabin LSUV terbaik di Indonesia, dipadu dengan konsumsi BBM yang irit namun bertenaga, tentu kian membuat perjalanan liburan keluarga ini begitu menyenangkan.

Tertarik untuk pelesir keluarga bersama All New Honda BR-V?

[ADV]

About Dhany Ekasaputra 273 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )