JAKARTA, AFTERMARKETPLUS - Mobil keluarga tentu harus bisa memberikan kenyamanan yang prima. Tidak saja dari fitur hiburan dan fitur berkendara, tapi juga rasa berkendara yang tidak mengorbankan performa sekaligus kenyamanan penumpang.
Itulah sebabnya, Toyota Sienta memberikan opsi transmisi otomatis yang sudah dilengkapi 7-Speed CVT dengan Sequential Sportmatic. Faktanya, Toyota Sienta adalah model MPV kompak pertama di keluarga Toyota di Indonesia yang mengadopsi transmisi CVT. Padahal sebelumnya Toyota hanya menerapkan transmisi otomatis CVT di varian mewahnya seperti di Toyota Alphard, NAV1, dan Toyota Corolla Altis.
Penggunaan transmisi CVT memang membuat transfer tenaga ke roda depan bisa berlangsung halus dan nyaris tanpa entakan saat penggantian gigi. Transmisi CVT di Sienta berbeda dengan CVT di Corrola. Meski materialnya sama tapi karakteristiknya berbeda karena tentu perbandingan roda gigi yang berbeda.
Adapun perbandingan roda gigi pada transmisi 7-speed CVT di Sienta ialah untuk gigi maju 2,480 hingga 0,396. Sementara gigi mundurnya 2,604 ke 1,680 dengan differential gear ratio 5,698.
Jika butuh transfer tenaga yang lebih cepat dan fun to drive silahkan gunakan mode semi manual lewat mode Sequential Sportmatic. Penggunaan Sequential Sportmatic seperti mengoperasikan paddle shift meski Anda harus lebih sering menggeser tuas transmisi untuk mendapatkan putaran mesin yang sesuai. Imbasnya Sienta dengan tenaga sebesar 107 tenaga kuda dan torsi sebasar 140 Nm bisa melaju lebih cekatan.
[ADV]
#Toyota Sienta #NAV1 #Toyota Alphard #Toyota Corolla Altis

Author : pekik udi irianto > 2756 Articles
Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.
List Comment
No Comment