Konsep Otomotif x Lifestyle di GJAW 2023 Dorong Target Market Industri Otomotif Indonesia Menjadi Lebih Luas

AFTERMARKETPLUS.id – GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang diprakarsai oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dengan dukungan dan arahan Kementerian Perindustrian, hadir selama 10 hari pada 10-19 Maret 2023 usai sudah.

GJAW 2023 yang menghadirkan inovasi Industri otomotif Indonesia secara lengkap, total lebih dari enam puluh merek, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung.

Banyaknya peserta APM kendaraan bermotor dan juga industri pendukung yang berpartisipasi pada GJAW 2023 menandakan semangat, gairah dan kepercayaan industri otomotif yang semakin besar terhadap pelaksanaan pameran GJAW 2023.

Brand otomotif yang berpartisipasi meliputi; BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling menampilkan produk terbaru dan juga promo terbaik sepanjang pameran berlangsung.

Dipenyelenggaraan kali keduanya ditahun ini, GJAW hadir dengan membawa konsep baru, yaitu Automotive x Lifestyle. Untuk pertama kalinya pameran otomotif berkolaborasi dengan tiga segmen lifestyle sekaligus, lewat Jakarta Concert Week, Jakarta Auto Runway, dan Indonesia Authentic Food Festival.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengungkap tujuan konsep baru dari GJAW adalah untuk menggabungkan tren otomotif dan lifestyle dalam satu waktu untuk pengunjung dari berbagai segmen indutri.

”Konsep otomotif x lifestyle pada GJAW 2023 menegaskan keterkaitan antara industri otomotif dan lifestyle yang potensinya sangat besar, dengan cakupan audience, exposure dan publikasi lintas industri lebih luas,” ujar Nangoi.

Menurutnya dengan kolaborasi yang diangkat di GJAW 2023 akan dapat mendorong target market industri otomotif Indonesia menjadi lebih luas.

Hingga hari terakhir penyelenggaraan Minggu (19/03) jumlah pengunjung naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, mencatat sebanyak 86.168 pengunjung hadir menikmati kolaborasi otomotif x lifestyle di GJAW 2023.

GJAW adalah pameran yang ditujukan sebagai ajang pendorong penjualan produk otomotif diawal tahun, target utamanya tentu adalah angka penjualan, namun para peserta juga memilih GJAW untuk meluncurkan model kendaraan terbarunya, juga sebagai ajang pertama penjualan model terbaru mereka.

Beberapa model diluncurkan termasuk diataranya Subaru Crosstrek, Lexus RZ BEV, dan Toyota RAV4. Dan tiga model yakni Toyota All New Agya, All New Astra Daihatsu Ayla, serta Chery Omoda 5 untuk pertama kali dijual untuk umum pada penyelenggaraan GJAW 2023 ini.

Para peserta juga menghadirkan model-model kendaraan yang sejalan dengan konsep otomotif x lifestyle yang diangkat pameran kali ini dengan menghadirkan kolaborasi model terbarunya dengan fashion desainer dan juga visual artist ternama.

Di antaranya Subaru yang kerja sama dengan The North Face, lalu ada Mazda yang menggandeng designer Jeffry Tan dan MG yang mengusung visual artist Abenk Alter dan Muklay.

Kolaborasi antara industri otomotif dan lifestyle, dengan cakupan audience, exposure dan publikasi lintas industri yang lebih luas pada GJAW 2023, dengan kontribusi dari setiap segmen, secara keseluruhan konsep otomotif x lifestyle terbukti tepat dan efektif.

Apresiasi juga disampaikan GAIKINDO kepada seluruh pihak sponsor yang mendukung terlaksananya pameran GJAW 2023, Mandiri Utama Finance sebagai Official Multifinance Partner, BliBli sebagai Exclusive E-Commerce & Online Ticketing, serta Protera, King Lyfe, Khong Guan, dan Skrineer.

Kedepannya GAIKINDO akan terus mengoptimalkan penyelenggaraan GJAW, agar dapat memberikan manfaat dan berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

[WAP]