JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Kejelian PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan pilihan MPV pintu geser menjelma dalam sosok Toyota Sienta. Tidak saja dibekali tampang yang unik, mobil ini juga dilengkapi sederet fitur keamanan dan keselamatan plus mesin bertenaga nan irit.
Untuk poin yang terakhir, Toyota Sienta menggunakan teknologi serupa dengan Avanza yakni unit Dual VVT-i berkapasitas 1.493 cc 4-silinder. Tenaga yang tersimpan dijantung pacu Sienta mencapai 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut juga dilengkapi ETCS-i yakni sebuah sistem kontrol elektronik yang mengatur buka tutup klep gas.
Perjalanan kami kali ini menggunakan flagship Toyota Sienta Q dengan transmisi otomatis CVT. Dengan tangan bebas tanpa perlu mengubah-ubah posisi gigi, Sienta dengan transmisi CVT terbukti memberikan penyaluran tenaga halus dan juga rapat di setiap putaran mesin.
Ratio final gear Sienta 5,698, terbukti bisa menghadirkan torsi yang baik sejak putaran rendah sekalipun. Hasilnya, Anda tidak perlu menginjak pedal gas lebih dalam untuk memompa perfoma Sienta maka mobil ini akan langsung melaju.
Menariknya pada Sienta, transmisi CVT bisa kami ubah ke manual berkat bantuan Sport Sequential Shiftmatic 7 percepatan layaknya paddle shift. Hal ini memungkinkan kami mengatur posisi gigi dengan lebih pas. Tidak susah untuk mendapatkan tenaga yang responsif di setiap putaran dan mengatur konsumsi BBM lebih irit.
Pada Sienta dengan transmisi CVT ini, konsumsi BBM di rute dalam kota bisa mencapai rata-rata 14,5 km/l. Sementara di rute tol mampu meraih konsumsi BBM rata-rata 17,5 km/l.
Toyota Sienta tentu bisa diunggulkan. Pasalnya selain bertenaga, mobil ini terbukti bisa memberikan konsumsi BBM yang irit.
[ADV]