Mengenal Chery EQ1, Kendaraan Listrik yang Terjual 200 Ribu Unit di Rentang Waktu 4 Tahun

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Di tahun 2017 saat model EQ1 pertama diperkenalkan di negara asalnya, China, unit ini langsung didaulat sebagai model kendaraan listrik murni pertama yang dikembangkan sendiri, selain itu EQ1 juga tercatat sebagai model kendaraan listrik murni pertama yang dibangun dengan bodi aluminium ringan, dan model kendaraan listrik murni dengan empat kursi dan dua pintu pertama yang mampu dijalankan lebih dari 300 kilometer.

Kini, penjualan EQ1 mampu mencapai 200 ribu unit hanya dalam empat tahun dan secara akumulatif berada di peringkat pertama di antara jenis kendaraan listrik dengan harga serupa.

Unit EQ1 adalah model yang sama dengan yang dipamerkan di IIMS Hybrid 2022, namun telah mengalami peningkatan dari sisi ketahanan, kecerdasan, keselamatan, efisiensi, dan penampakannya yang lebih kokoh.

“Selama IIMS Hybrid 2022 berlangsung, EQ1 mendapat respon yang sangat baik dari para pengunjung. Pada dasarnya konsumen sudah sangat tertarik dengan kendaraan listrik, kemudian mereka melihat tampilan dan fitur-fitur yang dimiliki EQ1 dan semakin antusiasme untuk melakukan pre-booking. Namun saat ini kami memprioritaskan pre-booking untuk seri SUV yang perkiraan jadwal peluncurannya lebih dekat,” terang Tao Yong, President Director PT Chery Motor Indonesia (10/4/2022).

Chery EQ1 dilengkapi dengan tombol untuk parkir otomatis, pusat pengontrol satu tombol, start AC jarak jauh, dan pusat pengisian daya yang secara keseluruhan menampilkan kenyamanan. Selain itu, EQ1 juga dilengkapi dengan layar LCD berdefinisi tinggi 10 inci, interaksi implementasi suara cerdas Artificial Intelligence, wireless charger, dan Baidu Car-Life+4GWi-Fi yang dapat membantu pengguna terkoneksi secara online.

Inovasi terbaru EQ1 saat ini merupakan kombinasi struktur tangguh dan motor penggerak 3-in-1 yang membuatnya handal dan lebih sempurna. Dibangun sesuai dengan standar keselamatan bintang lima C-NCAP, struktur EQ1 terdiri dari kerangka aluminium yang mengadopsi konsep “Bionic Bird Bone”.

Seperti ruang tiga dimensi, struktur ini mengelilingi seluruh bagian dengan ruas-ruas yang progresif sehingga mampu menciptakan ruang kabin yang aman dan meningkatkan perlindungan saat tabrakan sebesar 30% hingga 50%.  

Rangka aluminium ringan EQ1 juga sangat unik karena mampu mengurangi bobot sampai 30% dan kepadatan sebesar 20%, sehingga benar-benar mencapai kekuatan tinggi dengan konsumsi energi yang rendah.

Untuk batereinya, Chery telah meningkatkan ketahanannya ke level IP68, dengan perlindungan anti debu, anti air, dan anti benturan pada setiap sisinya, serta sistem sensitivitas pendingin yang baik dan perlindungan keselamatan tegangan tinggi. Dengan adanya perlindungan ganda sebagai basis keselamatan dan didukung oleh fitur keselamatan aktif dan pasif membuat pengendaranya selalu terlindungi dan aman.

EQ1 dilengkapi dengan sistem penggerak 3-in-1 terbaru milik Chery yang meningkatkan integrasi tubuh sebesar 70%, mengurangi rasio ruang sebesar 25%, mengurangi berat sebesar 15%, mengkonsumsi lebih sedikit daya, dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, mobil baru ini dilengkapi dengan sistem manajemen termal terintegrasi, yang meningkatkan efisiensi pendinginan sebesar 20% dan semakin maksimal menghemat energi dan kinerjanya lebih kuat.

[GLG]

About Gilang Budiman 778 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website